Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas mudik gratis di GBK. (Medcom.id/Yona)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas mudik gratis di GBK. (Medcom.id/Yona)

Masyarakat Diajak Mudik Pakai Transportasi Umum

Siti Yona Hukmana • 29 April 2022 13:29
Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak masyarakat mudik menggunakan transportasi umum. Sehingga bisa mengurangi kepadatan kendaraan di jalan tol dan arteri.
 
"Beberapa alternatif pilihan moda transportasi yang tentunya selalu kita sarankan, ada kereta api yang saat ini menambah kapasitas penumpang," kata Listyo saat melepas pemudik gratis di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 29 April 2022.
 
Mantan Kapolda Banten itu juga menyebut ada moda kapal laut yang bisa dimanfaatkan masyarakat saat mudik. Dia menilai penumpang kapal laut masih sangat sedikit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini masih menjadi salah satu moda transportasi yang bisa dimanfaatkan, dengan demikian seluruh moda transportasi, baik udara, laut, dan darat, semuanya bisa dimanfaatkan," ungkap Listyo.
 
Menurut Jenderal bintang empat itu, perpindahan moda transportasi dari kendaraan pribadi ke umum dapat membuat perjalanan menjadi lancar. Kemacetan dan kepadatan lalu lintas bisa dikurangi.
 
Baca:Urai Kemacetan, 3 Rekayasa Lalin Diterapkan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek
 
Listyo mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Dia meminta masyarakat menjalani vaksinasi booster.
 
"Sehingga, pada saat kita bertemu dengan keluarga dengan sanak saudara kita sama-sama memiliki kekebalan atau imunitas," ujarnya.
 
Sebanyak 83 juta masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia diperkirakan pulang ke kampung halaman. Mereka diprediksi melakukan perjalanan menggunakan 23 juta mobil pribadi dan 17 juta sepeda motor.
 

(LDS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif