Ambulans Motor Polda Jateng untuk Pertolongan Pertama Pemudik
Ambulans motor diterjunkan untuk pertolongan pertama bagi para pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan atau korban kecelakaan di jalur padat. Medcom.id/Budi Arista Romadhono
Semarang:Polda Jateng menerjunkan ambulans motor untuk pertolongan pertama bagi para pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan atau korban kecelakaan. Ambulans motor bisa menembus kemacetan di jalur mudik yang padat.

"Ambulans motor hanya untuk penebalan, masing-masing polres sudah ada. Kita menyiapkan empat motor ambulans yaitu Jalur Kertasari-Slawi, Gandulan-Pamulang, Kalikuto-Gringsing, dan pintu tol Manyaran," kata Kasubdit Dokpol Biddokes Polda Jateng, AKBP Ratna Relawati saat ditemui Medcom.id di RS Bhayangkara, Semarang, Rabu 6 Juni 2018.


Biddokes Polda Jateng baru mempunyai 4 motor ambulans. Namun, dia memastikan setiap Polres sudah memiliki ambulans dan akan disiapkan di setiap pospam yang dilewati pemudik.

"Tujuannya untuk menembus kemacetan, memberikan pertolongan pertama. Karena kalau ambulans bentuk mobil akan susah. Motor ini lebih bisa untuk cepat menolong korban kecelakaan atau memberikan kebutuhan kesehatan," ujarnya.

Dia mengungkapkan selain motor ambulans, Biddokes juga menyiapkan mobil ambulans dan DVI Polda jateng.

"Kita juga menyiapkan mobil ambulans setiap pospam di spanjang jalur mudik dan mobil DVI, bila terjadi bencana bisa pakai mobil doubel Kabin DVI itu," ucapnya.

Lebih lanjut lagi, ia menuturkan motor ambulans membawa obat-obat sederhana dengan standar pertolongan pertama.

"Obatnya sderhana untuk pertolongan pertama, analgetik anti sakit, anti pusing, anti pengobatan luka, kita siapkan infus juga bila ada yang dehidrasi dan oksigen," tuturnya.

Ambulans motor dioperasikan tanggal 7-24 Juni 2018. Motor khusus tersebut sudah mulai ditempatkan di titik strategis.



(SUR)