Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id/ Whisnu Mardiansyah.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id/ Whisnu Mardiansyah.

Sistem One Way Arus Balik Diusulkan 7-9 Juni

Ramadan arus balik Mudik Lebaran 2019
Whisnu Mardiansyah • 03 Juni 2019 20:12
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan kepada Korlantas Mabes Polri untuk memberlakukan kembali sistem satu arah atau one way saat arus balik. Sistem ini terbukti efektif mengurai kemacetan saat arus mudik.
 
Menhub mengusulkan sistem one way diberlakukan 7-9 Juni 2019. Tanggal tersebut diprediksi menjadi puncak arus balik 2019. Sistem one way ke arah Jakarta diperluas hingga kilometer 29 tol Jakarta-Cikampek.
 
"Masih dimungkinkan diskresi ditambah lagi kalau naik. Paling tidak tiga hari (tanggal) 7-9 Juni. Kita menyerahkan ke Korlantas Mabes Polri," kata Budi di Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin 3 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mengurai kemacetan lagi, Budi mengusulkan, gerbang tol Palimanan ditiadakan. Arus kendaraan dari arah timur menuju Jakarta tak tersendat di pintu antrean tol.
 
"Saya serahkan ke Kakorlantas. Atas dari timur ke barat dengan baik. Apabila dianggap perlu dikatakan one way kita diskusikan," ujar Budi.
 
Namun untuk sistem one way arus balik, perlu diperhatikan volume kendaraan dari arah Jakarta. Terutama bus-bus yang ingin kembali dari Jakarta menuju beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
 
"Harus diperhatikan ruang bus bus kembali ke Jateng, Solo, dan Jogjakarta. Karena tanggal 7, 8 banyak bus kembali untuk angkut penumpang," pungkasnya.
 

(EKO)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif