Pemudik dari Kalimantan Padati Pelabuhan Tanjung Perak
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan Djoko Sasono. (Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez).
Surabaya: Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan Djoko Sasono menyebut pemudik mulai memadati Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Pemudik lebih banyak berasal dari Kalimantan.

"Kapal yang dari Kalimantan selalu penuh, sedangkan kapal yang balik dari Jawa ke Kalimantan relatif sedikit," ujar Djoko di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 12 Juni 2018.


Menurut Djoko, pemudik yang menggunakan kapal laut bervariatif. Tidak bisa diprediksi kapan terjadi lonjakan pemudik yang menggunakan moda transportasi laut tersebut.

"Pergerakan orang mudik memang sudah terjadi pada Minggu, 10 Juni 2018 lalu. Tapi kalau angkutan laut sendiri pola kunjungan kapal variatif," ujar Djoko.

Baca juga: Arus Mudik Diklaim Lebih Lancar ketimbang 2017

Sejauh ini, kondisi arus mudik di Pelabuhan Tanjung Perak belum mengalami peningkatan. Meski demikian, dia mengimbau agar pemudik tetap waspada dalam melakukan perjalanan.

"Mereka harus waspada, dan yang punya kendaraan pribadi harus betul-betul dan harus hati-hati terutama bagi mereka yang menyeberang antarpulau," pungkas Djoko.





(HUS)