Puncak Arus Mudik di Terminal Kampung Rambutan Sulit Diprediksi

Fachri Audhia Hafiez 09 Juni 2018 11:00 WIB
Mudik Lebaran 2018
Puncak Arus Mudik di Terminal Kampung Rambutan Sulit Diprediksi
Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emiral August Dwinanto. (Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez).
Jakarta: Pemudik terus memadati Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Kepadatannya terus bertambah mendekati Idulfitri.

"Prediksi kami antara di H-5 sampai H-3 sebelum Lebaran. Biasanya para pemudik di sini mendekati Lebaran baru mulai berdatangan," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emiral August Dwinanto di lokasi, Sabtu, 9 Juni 2018.


Baca juga: Pemudik di Terminal KP Rambutan Melonjak

Namun demikian, ungkapnya, puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan sulit diprediksi. Hal ini berkaca pada puncak arus mudik yang selalu berbeda setiap tahunnya.

Pada 2016, misalnya, kepadatan puncak terjadi pada H-4 Lebaran dengan jumlah 13.900 pemudik. Sementara pada 2017, puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan terjadi pada H-3 dengan total 17.465 pemudik.

"Karena itu kami memprediksi antara lima sampai tiga hari sebelum Lebaran (puncak arus mudik tahun ini). Tapi bisa juga kepadatan calon penumpang bergeser pada H-6 atau hari ini," ujar Emiral.

Baca juga: Perusahaan Otobus Belum Beralih ke E-Ticketing

Emiral menyebutkan pada H-8 jumlah pemudik di Terminal Kampung Rambutan tercatat sebanyak 3.500 orang. Sedangkan pada H-7 yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan sebanyak 6.225 pemudik.

"Tercatat sampai tadi pagi pemudik mencapai 8.744. Artinya H-6 ini ada kenaikan siginifikan dari jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan," pungkas Emiral.





(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id