Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, saat tiba di Sumenep – Medcom.id / Rahmatullah
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, saat tiba di Sumenep – Medcom.id / Rahmatullah

Menhub Tambah Dua Kapal untuk Rute Kepulauan Sumenep

Ramadan Ramadan 2019
Rahmatullah • 12 Mei 2019 17:24
Sumenep: Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, menyediakan dua kapal untuk melayani rute kepulauan di Sumenep, Jawa Timur. Secara simbolis, Menhub menyerahkan kapal itu kepada PT Pelni Terminal Penumpang PT Pelindo III di Pelabuhan Kalianget, Minggu, 12 Mei 2019.
 
Menhub Budi mengatakan, warga Sumenep yang berada di luar sekira 350 ribu orang. Dia ingin mudik tahun ini lebih baik dan seluruh penumpang terangkut dengan baik.
 
“Karenanya, kami memberikan operasional tambahan kepada Pelni dua kapal rede,” kata Budi kepada wartawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya itu, Budi juga mengatakan setelah lebaran akan ada satu tambahan armada kapal untuk melayani masyarakat kepulauan. Sehingga kapasitas calon penumpang bisa lebih terserap.
 
Selain itu, lanjut Budi, Kepulauan Sumenep juga membutuhkan fasilitas kesehatan. Sehingga Kemenhub bekerja sama Kemenkes akan membuat dua kapal rumah sakit. Selain berguna untuk melayani kesehatan masyarakat, juga bisa mengantar masyarakat ke tempat tujuan.
 
Budi juga mengaku mengusulkan kepada pemerintah daerah setempat untuk menambah tenda di pelabuhan Kalianget. Dengan tenda kapasitas 500 orang tersebut, warga bisa menunggu pemberangkatan kapal dengan santai.
 
“Jika tidak ada tenda, mereka akan maksa ikut kapal,” jelasnya.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif