Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Tarif Pesawat Jelang Lebaran 2019 Diklaim Menurun

Ramadan Tarif Tiket Pesawat Mudik Lebaran 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 29 Mei 2019 23:19
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim tarif pesawat jelang Lebaran 2019 menurun. Pemerintah telah menurunkan tarif batas atas (TBA).
 
"Kenaikan tarif khusus periode Lebaran 2019 bukan naik tapi turun dibanding tahun lalu," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub, Sugihardjo di Gedung Kemenhub, Rabu 29 Mei 2019.
 
Dia mengatakan hal tersebut lantaran pemerintah telah menurunkan TBA pesawat hingga 15 persen. Artinya, kata dia, harga tiket juga ikut turun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang dirasakan masyarakat mahal bukan saat puncak Lebaran, tapi sebelum Lebaran," ujarnya.
 
Pascalebaran, Sugihardjo berharap tarif pesawat kembali proporsional. Kemenhub, lanjut dia, akan berusaha memaksimalkan perannya untuk mewujudkan hal itu.
 
"Karena kami sebagai regulator bertugas menetapkan tarif batas atas dan bawah," pungkasnya.
 
Diketahui, Kemenhub mengimbau maskapai penerbangan untuk segera melakukan penyesuaian TBA paling lambat dua hari sejak keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) ditetapkan atau maksimal Sabtu, 18 Mei 2019. Jika maskapai tidak mengindahkan imbauan itu, pemerintah tidak segan memberikan sanksi.
 
"Sanksinya jika tidak melaksanakan, tentu ada peringatan, pembekuan, pencabutan, dan terakhir denda administrasi," kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti di kantornya, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk menurunkan TBA tiket pesawat yakni sebesar 12-16 persen. Perubahan itu ditetapkan dalam Kepmenhub No 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang ditandatangani Rabu, 15 Mei. Keputusan itu ialah perubahan dari Kepmenhub No 72 Tahun 2019 tentang tarif tiket pesawat kelas ekonomi.
 
"Revisi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap aspirasi masyarakat dengan tetap memperhatikan keberlangsungan industri penerbangan, terutama menjelang pelaksanaan angkutan Lebaran," kata Polana.
 
Kemenhub, lanjut dia, akan melakukan evaluasi secara berkala terhadap keputusan baru ini setiap tiga bulan dan sewaktu-waktu jika terjadi perubahan signifikan pada komponen-komponen yang memengaruhi biaya penerbangan.
 
Polana pun berharap masyarakat dapat memahami kondisi tersebut karena harga tiket bersifat fluktuatif. Namun, dia menjamin penurunan itu tetap mengedepankan faktor-faktor substansial seperti keselamatan, keamanan, dan on time performance (OTP).
 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif