Terminal Pulo Gebang Siap Layani Pemudik
Terminal Pulo Gebang. Foto: Medcom.id/Nena Tanda.
Jakarta: Terminal Pulo Gebang memasuki tahun kedua melayani pemudik sejak diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Juli 2016. Segala fasilitas dipersiapkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pemudik.
 
Fasilitas yang tersedia sampai saat ini masih terus dikembangkan oleh pengelola Terminal Pulo Gebang. Namun, beberapa penumpang masih memberikan keluhan atas fasilitas yang ada di terminal ini.
 
"Keluhan dari penumpang berdasarkan survei itu akses. Penumpang meminta diperbanyak trayek dalam kota," kata Kasatpel Operasional Terminal Pulo Gebang, Esa Pinem, kepada Medcom.id di Terminal Kedatangan Pulo Gebang, Kamis, 31 Mei 2018

Baca: Mengintip Kemegahan Terminal Pulo Gebang yang Tak Kunjung Beroperasi


Selain akses, penumpang juga mengeluhkan jauhnya parkiran kendaraan. Calon penumpang harus berjalan kaki dari parkiran ke terminal keberangkatan, begitupula dari kedatangan dengan barang bawaan mereka.
 
"Penumpang bilang jalannya jauh," papar Esa.
 
Esa mengaku telah bekerja sama dengan Polri dan TNI  serta membangun posko terpadu. Pihaknya juga bekerja sama dengan Jasa Raharja dan Dinas Kesehatan. "Untuk Pos keamanan dan kesehatan dimulai H-7 sebelum Lebaran," ujar Esa.
 
Tidak hanya dari segi keamanan dan kesehatan, untuk menjamin keselamatan para penumpang, pengelola terminal Pulo Gebang telah bekerja sama dengan Kementrian Perhubungan untuk melakukan mengecekan kelayakan kendaraan.
 
"Pengecekan reguler biasanya hanya di jam kerja, tapi untuk event mudik ini kita maksimalkan dengan tiga shift," katanya. (Nena Tanda)



(FZN)