Ketapang biola ini dibanderol dengan harga Rp1,2 juta hingga Rp6 juta. Foto: Shutterstock
Ketapang biola ini dibanderol dengan harga Rp1,2 juta hingga Rp6 juta. Foto: Shutterstock

6 Tanaman Hias Termahal, Harganya hingga Miliaran

Medcom • 01 September 2022 17:31
Jakarta: Tanaman hias menjadi salah satu hobi yang banyak dipilih selama pandemi covid-19. Namun, tanaman hias berkembang tak hanya menjadi hobi penghilang stres saja melainkan penghasil cuan.
 
Beberapa pecinta tanaman hias tak keberatan harus membayar ratusan hingga jutaan rupiah untuk membelinya. Alasannya karena tanaman hias bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan. 
Baca juga: Bikin Segar, 5 Tanaman Mungil Ini Cocok di Dalam Rumah
Tapi apa yang sebenarnya membuat tanaman hias memiliki harga jual tinggi? Beberapa faktor yang bisa membuat harga tanaman hias melambung antara lain kelangkaan, keindahan daun, hingga perawatan.
 
Berikut ini enam tanaman hias termahal dan penyebabnya dilansir dari The Spruce.

1. Tanaman ara biola

6 Tanaman Hias Termahal, Harganya hingga Miliaran
Ketapang biola ini dibanderol dengan harga Rp1,2 juta hingga Rp6 juta. Foto: Shutterstock

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tanaman yang sering disebut ketapang biola ini dibanderol dengan harga Rp1,2 juta hingga Rp6 juta. Tanaman ini banyak digunakan sebagai dekorasi di dalam rumah atau perkantoran. Tanaman dengan nama ficus lyrata ini mampu tumbuh hampir 5 meter di hutan hujan tropis.
 
Jika dalam ruangan, tanaman ini dapat tumbuh maksimal 3 meter dengan perawatan yang tepat. Daunnya yang khas menjadikan tanaman ini salah satu yang paling populer dalam beberapa dekade terakhir.
 
Penyebab mahalnya tanaman ini karena permintaan konsumen yang tinggi hingga mendorong harga naik. selain itu, tanaman ini sangat sensitif terhadap kualitas udara. Mereka tidak suka udara kering atau berangin, serta sinar matahari. 

2. Tanaman monstera

6 Tanaman Hias Termahal, Harganya hingga Miliaran
Monstera deliciosa varigata populer di kalangan pecinta tanaman hias. Foto: Shutterstock
 
Bukan rahasia lagi jika tanaman ini memiliki harga fantastis. Nama monstera berasal dari bahasa Latin yaitu monstrous atau berarti abnormal.
 
Tanaman ini memiliki daun yang yang sobek atau bolong sehingga dikenal juga nama janda bolong. Monstera memiliki banyak jenis, salah satunya monstera deliciosa.
 
Monstera jenis tersebut memiliki harga fantastis mencapai Rp75 juta. Jenis lainnya memiliki angka yang tak kalah fantastis. 
 
Tanaman ini sangat populer di kalangan pencinta tanaman hias karena bentuknya yang unik, dan harganya juga yang mahal. Namun, tanaman ini terbilang sulit dikembangbiakkan sehingga harganya tinggi.

3. Tanaman hoya carnosa compacta

6 Tanaman Hias Termahal, Harganya hingga Miliaran
Hoya carnosa ini memiliki daun unik dan bunga yang cantik. Foto: Shutterstock
 
Tanaman lain dengan variasi unik, Hoya carnosa compacta menjadi tanaman hias termahal yang pernah dijual di Trade Me pada Juni 2020. Bahkan salah seorang anggotanya menjual dengan harga Rp96 juta . 

4. Tanaman philodendron minima 

Rhaphidophora Tetrasperma tropis adalah Philodendron Minima. Tanaman ini sering disebut sebagai 'Mini Monstera' atau 'Piccolo.'
 
Spesies tanaman ini pernah terjual di situs Trade Me dengan harga USD8.150 atau Rp120 juta pada Agustus 2020.
 
Salah satu alasan yang membuat tanaman ini mahal adalah hanya memiliki empat daun. Beberapa trik yang dilakukan penjual tanaman ini dengan menambahkan deskrips tanaman "sangat langka".

5. Tanaman anggrek Shenzhen nongke

Anggrek Shenzhen Nongke adalah anggrek ciptaan yang dibuat 100 persen oleh umat manusia, atau lebih tepatnya anggrek ini dikembangkan oleh para ilmuwan selama 8 tahun di laboratorium.
 
Pecinta tanaman dapat melatih tingkat kesabaran ketika menanam anggrek ini, karena dapat memakan waktu antara 4-5 tahun untuk mekar. Saat mekar, anggrek ini mengeluarkan aroma tertentu.
 
Tanaman ini terbilang sangat langka sehingga hanya sedikit yang bisa menghirup aromanya. Bahkan jenis anggrek ini pernah dilelang dengan harga mencapai Rp2,9 miliar.

6. Tanaman bonsai  

6 Tanaman Hias Termahal, Harganya hingga Miliaran
Bonsai ini bisa memiliki harga hingga miliaran. Foto: Shutterstock
 
Pohon bonsai menarik perhatian pecinta tanaman khususnya dalam ruangan. Bonsai dengan harga tertinggi adalah Pinus Putih yang berusia berabad-abad. Tanaman ini pernah dijual seharga 100 juta yen atau sekitar Rp10 miliar di Bonsai Asia-Pasifik ke-11 dan Konvensi & Pameran Suiseki di Takamatsu, Kagawa, Jepang.  (Ainun Kusumaningrum)

 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif