Desain rumah di masa pandemi berfokus pada kesehatan dan kenyamanan. Foto: Shutterstock
Desain rumah di masa pandemi berfokus pada kesehatan dan kenyamanan. Foto: Shutterstock

4 Desain Rumah Ini Perlu Dihindari di Masa Pandemi

Properti desain interior Tips Properti tips rumah
Rizkie Fauzian • 12 Januari 2021 15:30
Jakarta: Rumah dengan denah terbuka menjadi tren beberapa dekade. Meski memberikan efek lebih luas, namun desain ini dianggap kurang memberikan privasi.
 
Terutama di tengah pandemi, desain rumah mulai menitikberatkan pada kenyamanan dan kesehatan penghuninya. Bahkan saat ini banyak yang menambahkan area terbuka.
 
Berikut ini adalah beberapa kesalahan desain di 2020 yang harus dihindari di masa mendatang, dikutip dari Realsimple.

1. Denah terbuka

Denah lantai terbuka memang cocok dijadikan sebagai tempat berkumpul, namun adanya pandemi memaksa untuk menahan diri dan berdiam di rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa area yang menerapkan denah terbuka mungkin bisa disiasati dengan menyeimbangkan dengan area terbuka atau taman.

2. House office

Masa pandemi memaksa perusahaan menerapkan work from home untuk karyawannya sehingga kebutuhan kantor di rumah menjadi sebuah keharusan.
 
Jika sudah memiliki kantor di rumah, Anda bisa mengubah desain dengan menambahkan ruang terbuka atau tambahkan tanaman untuk kesan lebih asri.

3. Tidak Memperhatikan kualitas udara

Saat mendesain rumah, secara alami kita cenderung berfokus pada elemen yang dapat kita lihat, tetapi tahun ini kita harus fokus pada hal yang tak terlihat seperti kualitas udara dalam ruangan.
 
Daripada berbelanja secara royal pada seni atau furnitur baru di rumah, kita sebaiknya berinvestasi membeli alat pembersih udara.

4. Memilih dekorasi yang sulit dibersihkan

Tahun ini, fokus desain menitikberatkan pada kebersihan dan kesehatan penghuni rumah sehingga pilihan dekorasi juga harus dievaluasi berdasarkan kebersihannya.
 
Misalnya, meja dapur kita harus mudah dibersihkan dan cukup tahan lama atau pilihlah sofa yang dengan bahan yang mudah dibersihkan.
 
Selain itu, pertimbangkan membeli karpet atau permadani yang dapat dicuci.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif