Membersihkan kaca dengan lembaran koran sebenarnya sangat efektif. (Foto: Shutterstock)
Membersihkan kaca dengan lembaran koran sebenarnya sangat efektif. (Foto: Shutterstock)

Koran atau Tisu, Mana yang Lebih Efektif Bersihkan Kaca?

Properti Tips Properti
Rizkie Fauzian • 22 Mei 2019 17:43
Jakarta: Membersihkan kaca menjadi pekerjaan sulit jika dilakukan dengan tidak tepat. Penggunaan produk pembersih juga tak menjamin kaca di rumah bisa berkilau.
 
Salah satu alat yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca adalah koran. Cara ini populer dilakukan terutama untuk menghindari goresan dan noda pada jendela.
 
Meskipun terdengar tak masuk akal, membersihkan kaca dengan lembaran koran sebenarnya sangat efektif daripada menggunakan paper towel (tisu dengan serat lebih tebal).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa orang mengganggap penggunaan koran tidak efektif, hanya membuat tinta menempel. Namun, ada alasan bagus mengapa ini bekerja dengan sangat baik.
 
Sama seperti tisu, kertas pada koran dapat menyerap air lebih baik dibandingkan kertas majalah yang bahannya tidak bisa menyerap air.
 
Lembaran koran memiliki serat yang lebih padat dan tekstur yang lebih tebal sehingga memungkinkan bertindak sebagai abrasif ringan yang menyeka kotoran dan cairan.
 
Sementara, penggunaan tisu untuk membersihkan kaca biasanya meninggalkan sedikit residu, membuat kaca di rumah Anda terlihat lebih suram.
 
Tapi bagaimana dengan tinta yang ada pada koran? Permukaan kaca yang licin dan tidak berpori, membuat tinta tidak akan menempel seperti yang mungkin terjadi pada kayu.
 
Selain itu, penggunaan kertas koran daripada paper towels dianggap lebih mudah, karena tidak mahal, mudah didapat, dan dapat didaur ulang.
 
Cara paling efektif untuk memanfaatkan lembaran koran adalah mencampurnya dengan air dan larutan pembersih, kemudian gunakan koran untuk membersihkan kaca.
 
Namun, hindari menggunakan kertas koran jika Anda membersihkan di sekitar dinding kayu atau bingkai jendela berwarna putih.
 
Meski tak meninggalkan bekas di kaca, tinta dari koran bisa membuat noda gelap di hiasan kayu. Gunakan kain microfiber bersih sebagai gantinya.
 
Selain itu, saat menggunakan koran ada baiknya bila Anda menggunakan sarung tangan agar tangan Anda bebas dari tinta koran.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif