Begini Cara Beli Rumah dengan Gaji UMR
Deretan rumah murah baru selesai dibangun di Singaparna, Jawa Barat. Antara Foto/Adeng Bustomi
Jakarta: Unit rumah susun DP (downpayment/uang muka) 0 Rupiah yang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan gelar rupanya belum benar-benar terjangkau kelompok masyarakat berpenghasilan rendah. Kepala keluarga dengan pendapatan rutin kurang dari Rp 5 juta, akan megap-megap membayar cicilannya.

Lantas apakah akan terus begitu nasib mereka? Seharusnya tidak. Masih ada jalan untuk memiliki rumah sendiri meski penghasilan bulanan tidak jauh dari batas UMR. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk mewujudkannya.


Berhemat

Perhatikan pengeluaran hanya untuk keperluan pokok, jangan berlebihan untuk belanja hal-hal yang berupa gaya hidup dan plesir.

Menabung

Disiplinkan diri untuk menabung. Sisihkan setidaknya 10 persen hingga 20 persen untuk tabungan, lebih bagus bila memulai investasi. Agar uang tabungan tidak sampai tergerus belanja harian, bukalah rekening terpisah.

Bila penghasilan sangat pas-pasan, maka optimalkan waktu luang untuk mencari tambahan pendapatan. Manfaatkan kemampuan pribadi yang dimiliki, seperti menerima jasa penerjemahan naskah dan sebagainya yang tidak membutuhkan modal uang atau barang dalam nilai tinggi.

Jangan kontrak

Mengontrak sering kali tidak dapat dihindarkan dengan tujuan menghemat waktu perjalanan dan biaya transportasi. Bila memang itu yang terjadi, sebaiknya jangan mengontak sendirian agar bisa berbagi beban dan selisihnya digunakan sebagai tabungan.

KPR Bersubsidi

Setelah berhasil untuk mengumpulkan uang muka hasil berhemat, langkah selanjutnya ajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Pilih skema pembiayaan bersubsidi dengan masa cicilan hingga 20 tahun sehingga nilainya bulalannya relatif lebih mampu dijangkau.

Rumah lelang

Biasanya bank penyedia KPR juga menawarkan rumah-rumah untuk dilelang. Rumah yang dilelang adalah agunan kredit yang telah macet sehingga nilai jualnya pun relatif rendah.

Namun periksa dahulu baik-baik kondisi fisik rumah. Pertimbangkan akses kendaraan umum dan pastikan bahwa penghuni lama yang gagal melunasi kreditnya ke bank sudah tidak tinggal di sana.


 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id