Berbagai tanaman dapat menangkal gigitan nyamuk Aedes aegypti yang menyebarkan DBD yang kerap menyerang saat musim hujan. Foto:Pexels
Berbagai tanaman dapat menangkal gigitan nyamuk Aedes aegypti yang menyebarkan DBD yang kerap menyerang saat musim hujan. Foto:Pexels

Cegah DBD, Ini 5 Tanaman Pengusir Nyamuk Alami

Properti tanaman Demam Berdarah DBD
Muhammad Syahrul Ramadhan • 27 Januari 2022 18:26
Jakarta: Salah satu penyakit yang siap menyerang saat musim hujan datang adalah demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.
 
Ada baiknya Kamu menghindari gigitan nyamuk ini. Bagaimana caranya? Selain menerapkan 3M (menguras, mengubur barang bekas dan menutup tempat penampungan air) untuk mencegah perkembiakannya, Kamu juga bisa menggunakan tanaman untuk mengusir nyamuk.
 
Kamu bisa menanam di pot-pot tanaman yang dibenci nyamuk. Tanaman-tanaman tersebut mengandung senyawa yang tidak disukai nyamuk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara ini juga lebih aman ketimbang menggunakan semprotan atau obat nyamuk bakar yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Berikut tanaman yang bisa kamu tanam, menurut Garden Design.

1. Lavender

Aroma wangi yang berasal dari minyak esensial pada daun tanaman, membuat lavender tidak disukai oleh beberapa jenis hewan. Bahkan dikatakan, minyak lavender menghambat kemampuan nyamuk untuk mencium.
 
Lavender hanya butuh sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Meskipun bisa bertahan di banyak iklim, lavender tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

2. Rumput serai

Dengan baunya yang khas bak lemon, serai merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini dikenal paling efektif dalam mengusir hama.
 
Serai paling baik ditanam di kebun luas, karena tidak tahan terhadap embun, dengan iklim yang lebih hangat atau cerah, dan sebaiknya ditanam di tanah.

3. Marigold

Bunga tahunan yang mudah tumbuh ini mengeluarkan bau yang menghalangi nyamuk. Marigold, atau yang dikenal dengan nama kenikir atau ades di Indonesia ini, bisa ditanam dalam pot dan diletakkan di pintu masuk rumah untuk mengusir serangga.
 

Marigold tanaman pengusir nyamuk
(Marigold bisa menjadi pengusir nyamuk alami foto: pexels)
 
Mereka tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi juga mencegah kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang kacang Meksiko, serangga squash, dan cacing tanduk tomat.

4. Kayu putih

Pohon asli Australia, eucalyptus ini cocok untuk ditanam dalam pot. Karena pohon ini merupakan tanaman lunak yang tidak bertahan dalam pembekuan yang khas.bUntuk pot jangka pendek, pilih spesies yang tumbuh cepat seperti E. globulus subsp. bicostata, yang akan memberi banyak daun harum untuk dipanen dan mengusir nyamuk.
 
Untuk tanaman yang akan hidup selama beberapa tahun dalam pot, pilihlah eucalyptus yang tumbuh lambat seperti E. vernicosa. Tanaman kayu putih menyukai sinar matahari penuh dan tanah yang subur.

5. Kemangi

Bau menyengat yang dikeluarkan daun kemangi bisa mencegah hama. Tanaman pengusir nyamuk ini suka lembab, membutuhkan drainase yang baik, dan menikmati banyak sinar matahari. Kamu dapat menanam kemangi dalam wadah atau di kebun, sendiri atau dengan bunga lain, selama kedua tanaman memenuhi persyaratan yang sama.
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif