Pertimbangan beli rumah bekas. Foto: Shutterstock
Pertimbangan beli rumah bekas. Foto: Shutterstock

5 Pertimbangan Beli Rumah Bekas

Properti rumah tapak Tips Properti Tips beli rumah
Rizkie Fauzian • 28 Juli 2021 17:57
Jakarta: Saat memutuskan membeli rumah, tentu Anda memiliki banyak pertimbangan. Memilih rumah baru atau bekas, keduanya sama-sama memiliki pertimbangan yang perlu Anda pikirkan dengan matang.
 
Saat berencana membeli rumah bekas, lingkungan mungkin menjadi pertimbangan utama, selain harga. Rumah bekas cenderung berada di lingkungan yang telah terbentuk. Jika Anda berniat membeli rumah bekas, berikut ini beberapa pertimbangannya.

1. Harga

Harga mungkin jadi pertimbangan pertama yang Anda pikirkan. Rumah baru bisa dibanderol lebih mahal daripada rumah lama. 
 
Rumah bekas mungkin lebih murah, namun Anda harus mengeluarkan biaya lain untuk perbaikan. Kedua pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

2. Perawatan

Lumrah terjadi, rumah bekas atau rumah tua menyedot banyak biaya untuk perawatan, perbaikan, atau pergantian beberapa komponen. Sementara, rumah baru tak memerlukan biaya tersebut.
 
Jika dana cadangan Anda terbatas untuk segala perbaikan darurat atau biaya tak terduga lainnya, rumah baru mungkin menjadi pilihan yang tepat.
 
Bila Anda terpaksa membeli rumah bekas, pastikan memeriksa kondisi keseluruhan dengan teliti. Upayakan negosiasi harga, karena Anda harus mengeluarkan dana lain untuk perbaikan rumah.

3. Investasi

Rumah bukan hanya sekadar tempat tinggal, beberapa orang menganggapnya sebagai suatu investasi. Rumah bekas biasanya banyak menjadi incaran terutama jika track record-nya baik. Lingkungan yang terbentuk di rumah bekas biasanya membuat harga rumah lebih tinggi.
 
Sementara rumah baru, belum ada riwayat pembelian sebelumnya sehingga banyak pertimbangan. Harganya bisa melonjak ataupun anjlok bergantung pada kondisi rumah, lingkungan, atau pasar properti.

4. Desain

Tak dipungkiri, bagi penyuka barang vintage rumah bekas mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Rumah bekas atau tua memiliki desain yang lebih tradisional hingga bernilai sejarah.
 
Rumah-rumah tua juga memiliki dekorasi yang lebih detail, misalnya penggunaan lantai, atap hingga bahan material. Di sisi lain, rumah-rumah baru menggunakan barang bahan yang lebih canggih dan juga desain yang pasti lebih modern dengan rancangan yang mengikuti zaman. 
 
Pada akhirnya, keputusan membeli rumah bekas atau baru harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan rumah dengan model vintage, namun barang-barang modern, Anda bisa melakukannya. Atau, Anda membeli rumah baru agar tak ada biaya perbaikan lain yang harus dikeluarkan lagi.

5. Lingkungan

Rumah bekas memiliki lingkungan yang sudah terbentuk, biasanya sudah ada fasilitas umum yang lengkap seperti sekolah, tempat ibadah hingga pertokoan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif