Menggunakan mode stand by pada televisi bisa menguras energi. Foto: dok MI
Menggunakan mode stand by pada televisi bisa menguras energi. Foto: dok MI

5 Alat yang Bikin Tagihan Listrik Bengkak

Anggi Tondi Martaon • 01 Januari 2020 09:09
Jakarta: Beberapa peralatan elektronik menguras energi listrik cukup besar. Hal itu berdampak pada tagihan yang harus dibayarkan setiap bulan atau token yang cepat habis.
 
Dikutip dari housebeautiful.com, berikut peralatan elektronik yang menggunakan listrik cukup besar.

1. Digital TV Box

Kehadiran siaran digital TV dianggap mampu menghasilkan gambar yang lebih berkualitas serta bermacam-macam channel. Namun alat yang bertugas mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara ini dianggap paling banyak menyedot listrik.

2. Stand By Mode

Banyak orang berpikiran bahwa menggunakan mode stand by pada TV atau alat elektronik lainnya tidak menggunakan listrik. Padahal pemahaman itu salah.
 
Bahkan, tagihan alat elektronik dengan mode tersebut mencapai 86 pounds per tahun atau sekitar Rp1,5 juta (kurs Rp18.213). Anda bisa mematikan perangkat elektronik di rumah, alih-alih mengubahnya menjadi mode stand by.

3. Kulkas

Kulkas memiliki banyak fungsi untuk menyimpan berbagai kebutuhan rumah tangga. Maka tak heran keberadaan lemari pendingin itu sangat dibutuhkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di balik fungsinya tersebut, kita harus bijak menggunakan kulkas. Sehingga barang tersebut tidak menyedot energi listrik terlalu banyak.
 
Berikut beberapa tindakan agar penggunaan kulkas tidak menyedot listrik, yaitu jangan terlalu sering membuka pintu kulkas, jangan mengabaikan penumpukan es dan memilih kulkas yang memiliki peringkat energi yang baik.

4. Pengering Pakaian

Bagi pengguna mesin cuci yang dilengkapi teknologi pengering pakaian, sangat wajar jika tagihan listrik membengkak saat musim hujan. Sebab, pengering pakaian menyedot energi listrik cukup banyak.
 
Agar tidak membebani pengeluaran, maka pastikan mesin cuci yang digunakan memiliki siklus putaran yang cukup baik. Sehingga, dapat mengalirkan air sebanyak mungkin saat pengeringan.

5. Lampu

Kebanyakan orang lalai menggunakan lampu. Meski diklaim menggunakan produk hemat energi, hal itu akan sia-sia jika dibiarkan hidup sepanjang hari atau tidak bijak menggunakan lampu. Maka, pastikan penggunaan lampu pada saat dibutuhkan.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif