Sebuah proyek apartemen di Jakarta Timur. dok/MI/Galih Pradipta
Sebuah proyek apartemen di Jakarta Timur. dok/MI/Galih Pradipta

Mau Investasi Apartemen? Perhatikan Ini

Properti apartemen bisnis properti
Rizkie Fauzian • 06 Januari 2019 12:13
Jakarta: Apartemen semakin diminati sebagai opsi hunian di perkotaan. Menariknya, pencari apartemen bukan lagi bertujuan untuk ditinggali melainkan untuk ladang investasi.
 
Apartemen yang berada di lokasi strategis umumnya mempunyai gain mencapai 20 persen per tahun. Kendati berpeluang baik, tetap saja masyarakat harus pintar dan cerdik melihat potensi apartemen itu sendiri.
 
Setidaknya ada lima faktor yang sebagaimana dikutip dari rumah.com patut dijadikan acuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lokasi
 
Mempertimbangkan faktor lokasi adalah hal mutlak bila menginginkan keuntungan. Namun, lokasi seperti apa yang bisa memberikan keuntungan?
 
Bagi pengembang, pemilihan lokasi apartemen harus mengantongi penilaian sunrise property. Sebab pertimbangan itu juga yang akan menguntungkan calon pembelinya.
 
Kategori sunrise property cukup beragam. Ada yang menganggap dekat dengan rencana pembangunan infrastruktur, ada juga yang mengatakan soal hitungan jarak menuju pusat bisnis adalah indikator utama.

Status lahan apartemen


Selanjutnya adalah jeli untuk mencari kebenaran status lahan apartemen tersebut. Apartemen yang tepat dijadikan untuk berinvestasi adalah sudah menjadi hak milik pengembang, dan bukan masih status Build, Operate, Transfer (BOT).
 
Sistem BOT adalah upaya pemanfaatan aset milik negara atau daerah berupa tanah yang pemanfaatannya dilimpahkan kepada pihak lain atau swasta selama jangka waktu tertentu. Pihak swasta memperoleh hak konsensi (hak mengelola lahan dan bangunan) dan pemerintah mendapatkan royalti atas pemakaian asetnya.
 
Secara pemanfaatan sangat baik, namun kelemahan dari status BOT ini adalah pada saat habis masa penggunaan oleh pihak swasta, tanah dan bangunan yang dibangun swasta di atas tanah tersebut harus dikembalikan atau diserahkan kepada pemerintah pusat atau pemerintah daerah.
 
Kenaikan harga
 
Seorang investor wajib mengetahui kapan apartemen tersebut dimulai dibangun, serta catatan kenaikan harga dari tahap pre-sale sampai harga terkini. Secara keseluruhan, lokasi apartemen pasti sangat menentukan pangsa pasar yang diinginkan dan besaran keuntungan yang hendak diraih.
 
Fasilitas umum & sosial
 
Mengingat penghuni apartemen sangat dinamis, jadi pilihan apartemen yang menyediakan fasilitas lengkap seperti pasar swalayan, foodcourt, area parkir, shuttle bus, service charge yang terjangkau, kolam renang, taman bermain dan fasilitas olahraga.
 
Ada area komersil
 
Terakhir adalah memiliki area komersial seperti hotel atau condotel. Dengan adanya area komersil, lambat laun akan membuka pangsa pasar potensial. Artinya, pasar menimbangkan antara dua pilihan, apabila harga sewa hotel dinilai lebih mahal.
 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif