Interior barbiecore yang serba pink. Foto: Shutterstock
Interior barbiecore yang serba pink. Foto: Shutterstock

Pecinta Barbie Merapat, Nyontek Interior Serba Pink Yuk

Medcom • 06 Oktober 2022 16:59
Jakarta: Barbiecore merupakan tren interior yang tengah populer. Uniknya, tren interior ini 
terinspirasi dari karakter boneka Barbie yang identik dengan warna pink. Interior ini memadukan warna merah muda, pastel, magenta, dan warna lembut lainnya yang mencuri perhatian. 
 
"Meskipun Barbie telah menjadi ikon selama lebih dari 60 tahun, namun hadirnya tren ini menandakan pop-of-pink yang terasa cerah, ceria, dan awet muda," kata VP merchandising  Chairish Noel Fahden Briceno dikutip dari The Spruce.
 
Baca juga: Hindari 5 Dekorasi Ini agar Rumah Tak Mudah Berantakan

Bahkan, penjualan furnitur atau barang-barang di Etsy yang berhubungan dengan rumah dan tempat tinggal berwarna merah muda mengalami kenaikkan hingga 21 persen dalam tiga bulan terakhir, terlebih tren desain ini sangat cocok untuk musim panas.
 
"Untuk bernostalgia di waktu yang di mana terasa lebih sederhana, cerah, dan santai, maka masuk akal jika estetika merah muda yang terinspirasi tahun 80-an ini menjadi pusat perhatian sebagai desain musim panas," kata pakar tren Etsy Dayna Isom Johnson.

Barbiecore memadukan gaya yang tak lekang oleh waktu

Pecinta Barbie Merapat, <i>Nyontek</i> Interior Serba Pink Yuk
Interior barbiecore yang serba pink. Foto: Shutterstock

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Barbiecore bukanlah representasi literal dari semua hal tentang Barbie. Namun, keindahan desain ini mengacu pada berbagai gaya desain yang populer dan tak lekang oleh waktu selama beberapa dekade.
 
"Barbiecore sangat populer karena terdiri dari perpaduan gaya yang sangat menyenangkan, seperti pascamodern bertemu dengan chintz tradisional dan glamor Hollywood. Bisa dibayangkan siluet feminin dengan sentuhan dan pinggiran yang dikombinasikan dengan rangkaian potongan gaya tahun 1980-an yang lebih edgier,” ujar Noel Fahden Briceno.
 
Dan tentu saja, ketika berbicara tentang Barbiecore, ada satu warna utama yang dominan yaitu pink atau merah muda. Pastinya Anda tidak dapat melewatkan benang merah muda yang mengikat semuanya, sehingga menghasilkan tampilan yang membuat nostalgia dengan lebih dari satu cara.

Mencoba desain Barbiecore secara perlahan

Pecinta Barbie Merapat, <i>Nyontek</i> Interior Serba Pink Yuk
Interior barbiecore yang serba pink. Foto: Shutterstock
 
Jika kamu menyukai tampilan Barbiecore tetapi  tidak yakin untuk menggunakan semua warna pink di rumah, maka itu bukanlah masalah. Kamu bisa memasukkan nuansa pink melalui karya dekoratif seperti lukisan, vas dan bantal. Aksen kecil seperti ini akan tetap memberikan perubahan yang besar.
 
"Salah satu cara favorit saya untuk memasukkan unsur Barbiecore ke dalam dekorasi yang ada adalah dengan mencampur dan mencocokkan aksen merah muda yang lebih kecil seperti dekorasi seni, mangkuk pajangan, atau vas untuk menciptakan ruang yang menyenangkan,” kata Johnson.

Gunakan satu item untuk ditonjolkan

Pecinta Barbie Merapat, <i>Nyontek</i> Interior Serba Pink Yuk
Interior barbiecore yang serba pink. Foto: Shutterstock
 
Johnson menyarankan cara lain untuk menciptakan tampilan Barbiecore adalah dengan  menggunakan satu item merah muda cerah untuk mencuri perhatian, seperti perabot atau cermin dekoratif, lalu padukan dengan detail netral, sehingga warna merah muda tersebut dapat bersinar tanpa berlebihan.
 
“Misalnya, dengan menggunakan sofa merah muda cerah akan terlihat indah jika ditempatkan di atas karpet goni klasik, sementara lemari berpernis merah muda akan tampak memukau di kamar tidur dengan warna cat hitam atau putih,” saran Johnson.
 
Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana, maka Briceno memberi saran cara yang tepat adalah dengan menggabungkan potongan furnitur yang melengkung, seperti sofa berbentuk setengah lingkaran, ottoman bulat, dan kursi beludru besar.

Kombinasikan warna merah muda

Pecinta Barbie Merapat, <i>Nyontek</i> Interior Serba Pink Yuk
Interior barbiecore yang serba pink. Foto: Shutterstock
 
Jika kamu sangat menyukai warna merah muda maka desain Barbiecore menjadi alasan yang sempurna untuk bebas menggunakan warna merah muda sebanyak apapun. Saat menggunakan warna merah muda maka kamu bisa menggabungkannya dengan warna merah muda lain dengan tone warna yang berbeda.
 
"Campurkan warna merah muda permen karet yang lembut dan menenangkan dengan warna merah berry yang lebih gelap dan raspberry untuk membuat tampilan semakin hidup," saran Briceno.
 
Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan sofa merah muda lembut dengan bantal sofa atau selimut berwarna merah muda yang lebih gelap dan keras. Yang terpenting, filosofi utama di balik desain Barbiecore adalah cara mendekorasi yang membuat Anda bahagia.
 
"Yang paling saya sukai dari desain Barbiecore adalah tidak ada cara yang benar atau salah dalam hal keindahannya. Tren menyenangkan ini adalah kesempatan sempurna bagi pembeli untuk mengekspresikan gaya pribadi mereka," ujar Johnson. (Eka Putri Wahyuni)
 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif