Jakarta: Banyak orang memutuskan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Untuk mendukung aktivitas tersebut, banyak orang yang membuat ruang kerja di rumah.
Agar pekerjaan lebih produktif, kamu perlu menciptakan ruang kerja yang nyaman meski dari rumah. Kebersihan ruang kerja sangat penting karena berkaitan dengan produktivitas. Selain itu, kebersihan juga penting untuk mencegah kuman dan bakteri serta menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
Seperti ruang kerja pada umumnya, tumpukan dokumen bisa membuat ruangan terlihat berantakan sehingga mengganggu produktivitas. Penting meluangkan waktu untuk merapikan meja kerja. Di bawah ini ada barang yang harus segera dibersihkan dari ruang kerja dikutip dari Real Simple.
Barang yang harus dibersihkan dari ruang kerja di rumah

1. Kwitansi lama
Sebagian besar struk tidak perlu disimpan setelah beberapa minggu pertama. Setelah barang yang diterima sesuai keinginan, kamu dapat merobek struk.
2. Surat
Tumpukan surat cenderung menjadi penyebab utama menjadi berantakan. Jika memiliki tumpukan surat, mulailah untuk merapikan karena kamu akan melihat perbedaan besar pada ruang kerja.
3. Pulpen dan pensil
Barang ini tampaknya menjamur di setiap ruang kerja di rumah. Kamu bisa menyingkirkan pensil yang sudah rusak, pena dan stabilo tanpa tutup atau sudah kering.
Baca juga: Tips Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Luas |
4. Kerajinan
Jika kamu seorang perajin, mungkin menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi, seperti kuas cat yang sudah usang atau potongan kain kecil. Simpan hanya yang terbaik dan buang yang sudah tidak terpakai.
5. Karya seni anak-anak
Tidak semua coretan perlu disimpan, jadi kamu dapat memilih karya anak yang terbaik.
6. Foto
Di zaman digital seperti saat ini, kamu tak perlu mencetak semua foto keluarga. Kamu bisa memindahkannya ke hard drive untuk menghindari hilangnya kenangan berharga.
7. Buku
Meskipun sulit untuk berpisah dengan buku, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan ruang bagi buku baru yang akan dibaca. Simpan kembali buku yang kemungkinan tidak akan dibaca lagi atau menyumbangkannya ke tempat yang membutuhkan.
8. Perlengkapan kantor
Kita menyukai tata letak kantor yang estetis, tapi menyimpan terlalu banyak map berkas yang cantik, klip berwarna-warni untuk mencerahkan ruang kerja bisa menyebabkan kekacauan. Saatnya untuk memeriksa barang yang dimiliki dan pertimbangkan sesuai kebutuhannya. (Theresia Vania Somawidjaja)
Cek Berita dan Artikel yang lain di