Tips agar rumah ramah anak. Foto: Shutterstock
Tips agar rumah ramah anak. Foto: Shutterstock

6 Tips Menciptakan Rumah yang Ramah Anak

Properti rumah Tips Properti tips rumah kamar mandi
Rizkie Fauzian • 27 November 2020 12:57
Jakarta: Rumah menjadi tempat berlindung bagi keluarga. Oleh karena itu, diperlukan banyak pertimbangan dalam menata rumah terutama jika Anda memiliki anak yang sedang aktif.
 
Segala sesuatu harus diperhatikan dengan detail demi menjaga keamanan anak-anak. Tak hanya keamanan, kenyamanan penghuni lainnya pun perlu dijaga di dalam rumah.
 
Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak mendekorasi rumah agar tercipta rumah yang nyaman dan tentu saja ramah anak.

1. Ruang terbuka

Anak-anak biasanya sering berlarian di dalam ruang, maka dari itu penting menyediakan area yang luas agar anak lebih bebas bermain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika ruangan luas tak memungkinkan, Anda sebaiknya memilih satu ruangan di rumah yang tidak dilengkapi dengan furnitur. Ganti dengan karpet atau alas lantai lainnya agar anak leluasa bergerak.
 
Bila di rumah banyak furnitur, Anda bisa melapisi ujung yang lancip dengan bantalan pelindung atau karet siku yang banyak dijual di marketplace.

2. Sembunyikan stop kontak

Selain berlarian, anak-anak juga senang mengeksplor sesuatu di rumah. Terkadang, anak-anak menyukai benda-benda yang menempel di dinding seperti stop kontak.
 
Jika stop kontak di rumah berada di bagian yang mudah dijangkau anak, sebaiknya tutupi atau bungkus stok kontak dengan alat yang tersedia di marketplace.

3. Jauhkan barang tajam dan pecah belah

Benda-benda tajam dan pecah belah harus dijauhkan dari jangkauang anak-anak. Jika Anda memiliki pajangan dari kaca sebaiknya simpan dalam laci atau lemari khusus.
 
Untuk barang-barang tajam, biasanya berada di dapur. Pastikan anak-anak menjauh dari area tersebut jika tidak didampingi. Anda juga bisa menyimpan barang-barang tajam dalam lemari di dapur agar aman.

4. Kamar mandi

Anak-anak sangat menyukai bermain air, terkadang aktivitas mandi bisa dilakukan berlama-lama. Pastikan bahwa Anda selalu menjaga kamar mandi tetap licin.
 
Jika kamar mandi di rumah basah, pastikan bahwa Anda
menggunakan lantai kamar mandi yang tidak licin. Selalu waspada untuk menjaga anak-anak meski berada di rumah.

5. Pagar tangga

Jika di rumah Anda memiliki tangga ke lantai dua, pastikan bahwa tangga tersebut memiliki pagar atau pengaman khusus karena anak-anak biasanya senang naik tangga.

6. Jaga kebersihan

Hal yang penting untuk semua anggota keluarga, adalah menjaga kesehatan. Bukan hanya anak-anak, menjaga kesehatan keluarga juga sangat penting.
 
Pastikan sampah di dalam rumah dibuang setiap waktu, jangan menumpuknya karena bisa menimbulkan banyak kuman dan penyakit.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif