Lima barang vintage yang bisa Anda beli. (Foto: Joel Barhamand)
Lima barang vintage yang bisa Anda beli. (Foto: Joel Barhamand)

5 Barang Vintage yang Bisa Anda Buru

Properti desain interior Tips Properti
Rizkie Fauzian • 15 Agustus 2019 10:29
Jakarta: Sebagian orang menghiasi rumahnya dengan barang-barang modern, yang lainnya lebih menyukai barang bekas atau vintage sebagai interior rumahnya.
 
Meski Anda penggemar barang vintage, sulit untuk mengetahui barang mana yang benar-benar layak dibeli. Berikut ini beberapa barang vintage yang layak Anda beli.

1. Furnitur

Beberapa orang mungkin akan membeli kursi berlapis kain vintage sebagai interior rumah mereka. Kehadiran kursi vintage membuat suasana rumah menjadi klasik.
 
Namun, sebaiknya Anda tetap berhati-hati dalam membeli kursi vintage. Biasanya beberapa di antaranya masih meninggalkan noda atau rapuh termakan usia.

2. Lampu

Lampu menjadi salah satu benda terbaik yang bisa Anda beli di pasar vintage. Sebelum membelinya, perhatikan dahulu apakah lampu tersebut masih bekerja dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda juga perlu memeriksa berapa voltase dari bohlam lampu tersebut. Pastikan Anda mengecek kondisinya sebelum membeli, banyak orang
 
Selain itu, pastikan bahwa lampu yang Anda beli memang dibutuhkan di rumah. Jangan membeli hanya karena menyukainya, Anda harus mengetahui apakah lampu tersebut cocok dengan gaya rumah Anda.

3. Lukisan Minyak

Tak hanya menjadi interior yang artistik, mengoleksi lukisan vintage juga bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Anda mungkin saja menemukan lukisan murah di pasar loak yang ternyata bernilai lebih dari itu.
 
Namun, banyak orang menghindari membeli lukisan minyak yang tidak dalam kondisi baik. Padahal cela kecil yang ada pada lukisan sebenarnya bisa jadi menambah nilai artistik dari lukisan tersbeut.

4. Kursi Bahan Kulit

Meskipun tidak memiliki aroma kulit segar dari bahan baru, membeli sofa di toko vintage sebenarnya bisa lebih mengirit pengeluaran untuk membeli furnitur baru.
 
Namun, penting untuk memastikan bahwa kursi kulit tersebut asli atau memang dibuat kembali menggunakan kulit agar terlihat lebih vintage.
Dengan cara ini, sofa akan memiliki tampilan kulit diinginkan, alih-alih mengelupas.
 
Tapi sebelum pergi ke toko barang antik atau berbelanja online, penting untuk memikirkan apa yang ingin Anda beli. Apakah Anda mencari gaya, merek, bahan, atau estetika tertentu?

5. Permadani

Permadani antik adalah penemuan yang luar biasa, terutama karena nilainya bisa lebih mahal dibandingkan permadani atau karpet modern.
Karpet vintage memiliki beragam warna dan corak yang menarik.
 
Secara umum, Anda akan mendapatkan lebih banyak uang karena membeli permadani oriental buatan tangan, permadani retro, atau permadani wol flokati.
 
Sebelumnya, Anda bisa memastikan jika permadani atau karpet tersebut tidak memiliki noda kecuali Anda berencana menempatkannya di bawah kursi untuk menutupinya.
 
Anda juga harus memastikan tahu cara merawat karpet tersebut, apakah harus di cuci menggunakan sabun, apakah harus dijemur hingga terkena matahari langsung. Ini akan memastikan permadani Anda bertahan untuk waktu yang lama.

Tips:

Jika Anda adalah seseorang yang senang berbelanja barang murah, panduan belanja vintage dan antik ini akan menentukan apa yang layak dan apa yang tidak. Pertama, tanyakan pada diri Anda apakah dengan membeli barang vintage bisa menambah karakter ke dalam interior ruang saya? Apakah saya membelinya karena harganya lebih terjangkau daripada barang baru? Apakah akan bertahan lama?
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif