Memiliki rumah mungil bukan berarti membatasi kreativitas. (Foto: Shutterstock)
Memiliki rumah mungil bukan berarti membatasi kreativitas. (Foto: Shutterstock)

Tujuh Kesalahan Dekorasi Rumah Mungil

Properti Tips Properti
Rizkie Fauzian • 19 Maret 2019 09:12
Jakarta: Memiliki rumah mungil bukan berarti membatasi kreativitas Anda dalam mendekorasi interior. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.
 
Tujuannya agar rumah mungil tetap terasa nyaman dihuni, sekaligus sedap dipandang mata. Dikutip Homify, Selasa, 19 Maret 2019, apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan dalam mendekorasi rumah mungil?
 
1. Memasang Karpet Kecil

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda mungkin berpikir menambahkan karpet kecil pada ruangan mungil bisa mempermanis ruangan. Namun tahukah Anda, langkah itu benar-benar salah.
 
Jika karpet tersebut tidak ditempatkan di bawah furnitur atau berada di tengah ruangan, maka karpet tersebut hanya akan membuat ruangan mungil Anda tampak sempit.
 
Sebaiknya ruangan kecil tidak memerlukan karpet sama sekali, atau Anda bisa menambahkan karpet besar yang menutupi seluruh bagian ruangan dan juga furnitur besar di rumah.
 
2. Memilih Furnitur Berukuran Besar
 
Sebaiknya Anda membeli furnitur tidak hanya karena estetika, tetapi yang terpenting kenyamanan dan proporsi yang tepat adalah kuncinya.
 
3. Terlalu Banyak Bantal
 
Seperti halnya karpet kecil, bantal yang terlalu banyak membuat tampilan rumah kecil akan terasa sangat sesak. Rumah minimalis perlu menganut prinsip “less is more.”
 
4. Pencahayaan Buruk
 
Pencahayaan yang buruk adalah masalah, terutama di rumah kecil. Anda perlu memaksimalkan setiap ruang, pencahayaan yang buruk membuat ruangan kecil terasa sesak. Dengan pencahayaan yang baik dan cerah pada setiap sudut akan membantu ruang interior terasa jauh lebih besar.
 
5. Pemilihan Tirai yang Tepat
 
Mungkin Anda tergoda untuk mencocokkan gorden dengan ukuran jendela, tetapi ini bisa menghasilkan tampilan yang sangat kuno dan kecil. Alih-alih pilih tirai dengan penuh dramatis, Anda bisa mencoba pasang setinggi mungkin di dinding, untuk menciptakan ilusi ketinggian langit-langit.
 
6. Terlalu Banyak Dinding Gelap
 
Dinding yang kontras merupakan ide bagus, tetapi di rumah mungil, dinding gelap akan menghabiskan semua kehidupan, energi, dan ruangan.
 
Jika Anda menginginkan sedikit warna gelap di sisi rumah Anda, sebaiknya tempelkan lukisan atau karya seni lain di dinding untuk menambahkan taburan kontras yang terkontrol.
 
7. Memiliki Terlalu Banyak Barang
 
Musuh bebuyutan dari rumah-rumah kecil adalah terlalu banyak barang. Beli barang atau furnitur yang benar-benar Anda butuhkan. Jika Anda dapat memenuhi unsur estetika minimalis, rumah mungil akan terlihat jauh lebih besar.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif