Tips membuat balkon hemat bujet. Foto: Shutterstock
Tips membuat balkon hemat bujet. Foto: Shutterstock

8 Langkah Ciptakan Balkon Impian dengan Bujet Minim

Properti desain interior Tips Properti tips rumah
Rizkie Fauzian • 11 Januari 2021 14:51
Jakarta: Balkon merupakan bagian dari rumah yang memiliki beberapa fungsi. Tak hanya sebagai pelindung rumah, balkon juga dapat digunakan sebagai tempat bersantai atau "taman mini". Khususnya untuk mereka yang tinggal di hunian vertikal.
 
Menciptakan balkon yang nyaman tentu keinginan setiap pemilik hunian. Tak perlu mengeluarkan bujet yang tinggi, Anda hanya perlu meningkatkan daya kreativitas.
 
Sebelum merancang balkon impian, sebaiknya Anda melakukan beberapa persiapan agar tak salah. Dikutip dari Livspace, berikut persiapan membuat balkon yang nyaman dengan bujet terbatas.

1. Jenis balkon

Sebelum merancang balkon impian Anda, sebaiknya ketahui dulu jenis balkon yang diinginkan. Apakah balkon tertutup atau terbuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski setiap balkon di rumah dibangun dengan opsi terbuka, namun ada beberapa cara untuk membuatnya tertutup. Balkon tertutup mungkin membatasi sinar matahari dan ventilasi, tetapi berfungsi memberikan privasi.
 
Selain itu, balkon tertutup mudah dibersihkan karena tak banyak terpapar debu. Jika Anda tinggal di kawasan dengan panas terik dan hujan, maka balkon tertutup bisa jadi pertimbangan.
 
Sementara balkon terbuka, meski matahari lebih banyak masuk, namun pertimbangkan juga tetang kebisingan di sekitar yang mungkin mengganggu.
 
Balkon terbuka juga mudah kotor dn berdebu dan membutuhkan perawatan rutin. Bahan yang digunakan dalam mendesain ruang terbuka harus tahan air dan tahan cuaca.

2. Siapkan bujet

Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan pemilihan material yang akan digunakan atau dekorasi yang akan dipilih. Beberapa aspek yang mempengaruhi biaya adalah bahan lantai seperti rumput buatan, kayu, WPC atau ubin.
 
Untuk dinding, bisa jadi itu hanya cat, tapi ubin mosaik atau WPC. Selain itu, dengan memperhatikan furnitur, itu bisa termasuk kayu, plastik, anyaman dan aluminium.

3. Pertimbangan cuaca

Anda harus mempertimbangkan posisi balkon, apakah lebih banyak menerima panas atau angin, atau juga terkena hujan. Hal tersebut akan memengaruhi pemilihan material.
 
Balkon yang menghadap ke timur dan barat membutuhkan lebih banyak naungan dari panas dan silau sehingga membutuhkan tirai untuk perlindungan dari matahari pagi dan sore.
 
Rumah di lantai yang lebih tinggi tentu mudah terkena angin kencang, sehingga bisa menyulitkan orang untuk menikmati ruang luar.
 
Jika balkon Anda terbuka sebaiknya Anda menambahkan tanaman yang tinggi, panel kisi kayu, kanopi atau kantilever atau pagar dari jala untuk mengurangi angin kencang.

4. Tambahkan drainase

Drainase yang baik dapat membantu Anda menjaga balkon tetap bersih dan kering. Balkon yang tersumbat dapat menyebabkan rembesan air dan kerusakan besar pada dinding.

5. Pilih furnitur

Pilihlah furnitur tahan air dan tahan cuaca. Meskipun sebagian besar furnitur outdoor biasanya dirancang tahan air dan cuaca, namun Anda perlu memastikan.
 
Beberapa furnitur yang cocok disimpan di luar seperti anyaman, bangku dari besi cor dan besi tempa, bantal akrilik, furnitur kayu cedar, kayu putih dan jati dilapisi dengan pernis eksterior.

6. Railing

Dalam kebanyakan kasus, pagar tidak hanya memberikan keamanan tetapi juga menentukan gaya balkon. Beberapa desain pagar balkon terbuat dari baja tahan karat atau baja ringan berlapis, kaca dan aluminium. Pilihan lain yang menambah estetika ruang ini antara lain besi cor dan pagar kayu.

7. Lantai

Pilih lantai dengan perawatan rendah seperti rumput atau ubin buatan. Meskipun rumput mudah disemprot dan dibersihkan, namun ubin porselen dan keramik dapat dibersihkan dengan mudah.
 
Ubin pilihan yang hemat biaya. Selain itu, pilihan lantai tahan lama lainnya termasuk beton untuk opsi ramah lingkungan dan lantai bata agar tidak licin.

8. Dekorasi

Lahan yang semakin terbatas di kota besar, membuat ukuran apartemen dan unit hunian di menjadi lebih kecil, dan tentu saja memengaruhi balkon yang lebih kecil dan lebih padat.
 
Jika balkon Anda berukuran kecil, sebaiknya tambahkan tanaman daripada memenuhi ruangan dengan furnitur dan tempat duduk.
 
Jika balkon berukuran sedang, ciptakan ruang yang nyaman untuk dua orang dengan set meja kopi, bangku taman, atau kursi tinggi.
 
Jika balkon luas dan dapat menampung lebih banyak orang makan ciptakan ruang untuk tempat duduk, tanaman, dekorasi, dan lainnya.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif