Menciptakan suasana kamar yang nyaman agar tidur lebih nyenyak. Foto: Shutterstock
Menciptakan suasana kamar yang nyaman agar tidur lebih nyenyak. Foto: Shutterstock

4 Tips Ciptakan Kamar Nyaman agar Tidur Nyenyak

Properti desain interior Dekorasi Rumah Tips Properti tips rumah tips kamar tidur kamar tidur
Rizkie Fauzian • 21 Juli 2021 21:49
Jakarta: Menghadirkan suasana nyaman di kamar tidur merupakan hal penting untuk melepaskan kepenatan dan memulihkan stamina. Suasana kamar tidur nyaman akan mendorong tercapainya kualitas tidur yang baik.
 
Seberapa nyaman Anda ketika tidur dan seberapa banyak cahaya yang menerangi kamar tidur merupakan sebagian dari sejumlah faktor yang mempengaruhi kualitas tidur Anda. Lantas, bagaimana cara menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman? berikut ini tipsnya.

 1. Penerangan 

Sinar biru yang dipancarkan layar digital memberi sinyal dan membuat otak kita berpikir untuk bangun. Oleh karena itu penting untuk menjauhkan perangkat gawai dari tempat tidur, paling tidak satu jam sebelum tidur agar suasana kamar tidur Anda menjadi lebih nyaman.
 
Selain itu, lampu yang dapat diredupkan adalah cara yang baik untuk membuat Anda siap tidur. Anda juga bisa menggunakan lampu yang dapat dikendalikan sendiri menggunakan remote control. 

2. Pasang tirai

Jadikan suasana kamar tidur nyaman dengan membuat cahaya lebih redup pada malam hari. Caranya, Anda bisa memasang tirai di kamar.
 
Tirai akan membantu menciptakan suasana kamar tidur nyaman sehingga mempercepat proses tidur dan meminimalkan gangguan cahaya dari luar kamar tidur. 

3. Bangun tidur secara alami

Paparan cahaya matahari yang menyilaukan atau menyalakan lampu segera setelah bangun tidur, bukan cara ideal untuk memulai hari. 
 
Pasang lampu dengan pengaturan otomatis, atau gunakan jam alarm yang memiliki lampu. Cara ini lebih baik untuk membantu Anda terjaga dari tidur. 

4. Meminimalkan gangguan suara 

Apakah Anda terbangun oleh tetangga yang berisik atau suara lainnya? Suara keras dapat mengganggu kenyamanan dan mengurangi kualitas tidur.
 
Anda bisa mengurangi gangguan suara di dalam kamar tidur dengan memasang permadani, karpet, gorden, dan furnitur berlapis untuk meredam suara.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif