Cara membuat ruang cuci di rumah. Foto: Shutterstock
Cara membuat ruang cuci di rumah. Foto: Shutterstock

5 Cara Membuat Ruang Cuci Minimalis di Rumah

Rizkie Fauzian • 09 Februari 2022 14:59
Jakarta: Membuat ruang laundry atau tempat mencuci mungkin bukan prioritas bagi beberapa orang. Namun, jika memiliki kelebihan tanah di rumah tak ada salahnya membuat ruang laundry.
 
Sebelum membuat ruang cuci, perlu diingat bahwa posisinya harus tepat dan tidak lembab. Meski letaknya di belakang rumah, namun desainnya harus tepat karena memudahkan Anda mencuci.
 
Ada banyak desain ruang cuci yang bisa Anda cari, namun jangan lupa untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan lokasinya ya. Berikut ini cara membuat ruang cuci sederhana di rumah.

1. Ukuran

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah ukuran ruang cuci. Pastikan bahwa ruangannya tersebut cukup untuk Anda menyimpan mesin, beberapa peralatan cuci dan tentu saja memudahkan gerak Anda.
 
Jika lahan di rumah terbatas, sebaiknya buat rak gantung di dinding agar ruang gerak Anda lebih bebas, dan ruang cuci tetap nyaman.

2. Perhatikan jalur air dan listrik

5 Cara Membuat Ruang Cuci Minimalis di Rumah
Cara membuat ruang cuci di rumah. Foto: Shutterstock

Ini merupakan hal yang paling penting dalam membuat ruang cuci. Perhatikan jalur air dan listrik, jangan sampai membahayakan Anda.

3. Desain dinding dan lantai 

Untuk memaksimalkan tampilan ruang cuci Anda, tambahkan wallpaper pada dinding, gunakan warna yang sesuai dengan tema.
 
Anda bisa menambahkan corak kayu yang menambah visual dan tampilan yang lebih alami. Lantai bertekstur kayu juga memberikan nuansa yang sama. 

4. Kombinasikan ruangan

5 Cara Membuat Ruang Cuci Minimalis di Rumah
Cara membuat ruang cuci di rumah. Foto: Shutterstock

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada dasarnya, mesin cuci bisa Anda letakkan di mana saja, sekalipun di dapur. Bisa juga Anda tempatkan di kamar mandi, hanya buat jarak khusus agar mesin cuci Anda tak terkena air.
 
Anda juga bisa membuat area cuci di dekat tempat bermain anak, sehingga ruang cuci memiliki konsep terbuka. Dengan begitu Anda juga bisa menggantung cucian tersebut.

5. Interior minimalis 

Langkah yang paling penting dalam membuat ruang cuci adalah suasana yang nyaman. Langkah termudah adalah membuat ruangannya tampak sederhana.
 
Anda bisa menambahkan rak di atas dinding dengan hiasan tanaman hijau. Pakai meja untuk menyimpan peralatan mencuci seperti deterjen dan pewangi.
 
Semua elemen ini bisa Anda tempatkan berjauhan untuk memberi ruang rasa minimalis. Jangan lupa buat lubang pembuangan untuk air mesin cuci Anda.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif