Tips agar Dapurmu Makin <i>Sip...</I>
Malakeh Jazamati di dapurnya yang luas di Berlin. Dua tahun lalu bersama keluarnya dia tiba di Jeman sebagai pengungsi dari perang Suriah. Kini ibu muda ini membuka catering khusus menu halal yang menyasar komunitas muslim di Berlin. AFP Photo/Odd Anderse
Jakarta: Memiliki dapur yang bersih pasti membuat acara masak-masak di rumah lebih menyenangkan. Semua makanan yang disiapkan dengan gembira dan menggunakan peralatan masak yang bersih, pastilah rasanya akan lebih enak.  

Memang benar menjaga dapur tetap nyaman tidak mudah. Tetapi tetap harus diusahakan karena sebenarnya tidak terlalu susah juga. Berikut ini tips dari rumah.com yang bisa Anda terapkan untuk dapur di rumah.


Cara menyimpan daging agar tidak menimbulkan bau amis

Ketika akan menyimpan daging di dalam kulkas, potong-potonglah daging sesuai dengan yang akan dikonsumsi. Lalu, masukkan ke dalam plastik kedap udara dan simpan di dalam freezer. Sebisa mungkin suhu kulkas tidak lebih dari 4 derajat Celcius. Hal ini juga berlaku dalam menyimpan ikan.

Mencegah kulkas bau

Meski tidak digunakan untuk menyimpan daging, kulkas kerap berbau tak sedap. Hal ini bisa disebabkan oleh sisa makanan yang membusuk, suhu kulkas yang kurang dingin, atau ada kebocoran di dalam kulkas. Selain Anda harus memperbaikinya—jika memang ada kebocoran—hal lain yang bisa dilakukan adalah menyimpan vanila atau teh di dalam kulkas. Aroma tak sedap dari kulkas akan diserap oleh teh atau vanila tersebut.

Cara menyimpan sayur di kulkas

Sayur, bawang, atau bumbu lainnya sebaiknya tidak disimpan di dalam plastik kresek ketika disimpan di dalam kulkas. Bagian luas plastik akan berembun yang jika menetes ke permukaan sayur akan membuat sayur mudah busuk. Letakkan sayur tanpa perlu dibungkus plastik di dalam kulkas.


Menyimpan bumbu dapur dalam wadah tembus pandang seperti toples bening adalah cara yang benar. Jangan lupa berikan label nama bumbu bersangkutan agar mudah ditemukan, terutama oleh partner Anda memasak. AFP Photo/Odd Andersen

Menghilangkan bau amis

Bau amis yang ditimbulkan saat memasak ikan biasanya akan memenuhi dapur. Untuk mengatasinya, geprek kayu manis hingga aromanya menyeruak, lalu panaskan di atas wajan. Biarkan aroma kayu manis yang segar memenuhi ruangan dapur Anda. Atau cara lainnya adalah merebus serai hingga mendidih dan biarkan aromanya menyebar di penjuru ruangan.

Menghilangkan bau amis dari peralatan makan

Seafood memang enak, masalahnya aroma yang ditinggalkannya di peralatan makan sangat susah dihilangkan. Peras jeruk nipis lalu campurkan dengan baking soda dan gosokkan ke permukaan peralatan makan Anda. Bilas dengan air bersih lalu cuci kembali dengan sabun cuci piring.

Menghilangkan rasa panas setelah memegang cabai

Usai memasak makanan pedas seperti yang menggunakan cabai atau lada, tangan cenderung ikutan panas. Untuk mengatasinya, cuci tangan Anda dengan sabun cuci piring, setelah itu benamkan tangan yang sudah dikeringkan ke dalam beras untuk beberapa saat hingga panasnya mereda.

Mencuci sayuran

Beberapa jenis sayuran hijau terutama kangkung memiliki rongga yang memudahkan tanah masuk ke dalamnya. Bukan hanya tanah, kadang ulat pun ada di dalam rongga tersebut. Mencucinya sebentar belum tentu membuat kangkung benar-benar bersih. Untuk membersihkannya, rendamlah kangkung di dalam air garam selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih yang mengalir.

Mencegah pasta lengket di panci

Saat merebus pasta, kadang beberapa bagiannya menempel pada dasar panci, terutama jika Anda jarang mengaduknya. Biasakan untuk menambahkan mentega atau minyak zaitun ke dalam air yang ada di dalam panci yang digunakan untuk merebus pasta.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id