Menanam tanaman obat di lahan terbatas, Foto: Shutterstock
Menanam tanaman obat di lahan terbatas, Foto: Shutterstock

5 Tanaman Obat Ini Cocok Ditanaman di Lahan Sempit

Properti desain interior tanaman hias Tips Tanaman Hias
Rizkie Fauzian • 17 Mei 2021 11:01
Jakarta: Bercocok tanaman menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan selama pandemi. Selain tanaman hias, Anda bisa mencoba menanam jenis tanaman obat atau rempah.
 
Tanaman obat ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai bumbu dapur. Selain bermanfaat, tanaman obat juga mudah ditanam di pekarangan rumah yang sempit.
 
Tidak membutuhkan banyak ruang, Anda hanya membutuhkan pot kecil atau polybag untuk menanam tanaman obat tradisional ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman obat yang bisa Anda tanam di rumah, dikutip dari Lamudi.co.id.

1. Kunyit

Anda pasti sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Seringkali Anda temukan pohon ini di pekarangan rumah karena cara menanamnya memang tidak sulit. 
 
Cukup sediakan pot dan tanah, kunyit akan tumbuh segar tanpa memakan ruang. Anda bisa menanamnya di tanah yang lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung.
 
Selain digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata khasiat kunyit juga sangat bermanfaat bagi kesehatan yakni perut kembung pada dispepsia, mengobati diabetes tipe dua, disentri, tifus, dan alzheimer. 

2. Daun kacapiring

Kacapiring begitu terkenal di awal 2000an. Bagi Anda yang dulu sering disuruh memetik daun ini, sekarang adalah saatnya tahu apa khasiat dari daun kacapiring.
 
Untuk menanamnya tidaklah sulit. Hanya perlu distek atau cangkok dan jika sudah tumbuh, pohon daun kacapiring akan tumbuh bahkan tanpa perawatan khusus. 
 
Tidak makan tempat juga sehingga Anda yang memiliki pekarangan tidak terlalu besar bisa menanam tanaman ini juga. 
 
Untuk khasiat, daun kacapiring bisa membantu beberapa penyakit, sebagai bibir pecah-pecah dan sariawan yang seringkali terjadi pada kita semua. 

3. Jahe

Aromanya yang khas membuat jahe seringkali digunakan sebagai tanaman obat maupun bahan masakan. Cara penanamannya di rumah tidak sulit. 
 
Anda hanya perlu menyiapkan pot/wadah dengan ukuran 30x35 cm dan tanam jahe di permukaan tanah. Agar tambah subur, Anda bisa mencampurkan pupuk ko pos dan pupuk kandang.
 
Untuk khasiat jahe, orang-orang sudah percaya akan ampuhnya obat tradisional dari bahan dasar yang satu ini. Sebagai contoh, jahe bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan yang seringkali kita hadapi. 

4. Lidah buaya

Jenis tanaman obat keluarga yang satu ini sudah terkenal sejak lama. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya mengandung antioksidan, natrium, kalsium, glukosa, magnesium, float, vitamin A, B, C, dan E. 
 
Kandungan-kandungan ini bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti peradangan kulit, iritasi, dan jerawat. Selain itu, lidah buaya juga sangat baik untuk kulit kepala sebagai penyubur rambut.
 
Penanaman lidah buaya pun tidak sulit. Campurkan tanah dan pupuk dalam pot dan polybag. Setelah itu masukkan bakal tanaman obat lidah buaya ini. Terakhir adalah siram secara teratur.

5. Daun sirih

Rasanya tidak lengkap jika rumah Anda tidak ditanami daun sirih. Jenis tanaman obat keluarga ini sangat berguna, baik untuk bumbu masakan, kosmetik, hingga kesehatan. 
 
Cara penanaman pohon ini memang sedikit sulit, tetapi jika Anda sudah berhasil menanamnya, akan memperindah pekarangan rumah dengan lilitannya yang indah. 
 
Bagi kesehatan, khasiat daun sirih berguna untuk meredakan nyeri, penyembuhan luka, sakit tenggorokan, disfungsi ereksi, dan keputihan.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif