Tips desain rumah dengan aturan feng shui. Foto: Shutterstock
Tips desain rumah dengan aturan feng shui. Foto: Shutterstock

6 Aturan Feng Shui dalam Desain Rumah

Rizkie Fauzian • 18 Maret 2022 10:39
Jakarta: Dalam mengatur rumah, ada beberapa aturan yang bisa dijadikan sebagai pedoman, salah satunya adalah feng shui. Ilmu yang berasal dari Tiongkok ini mengatur tata ruang sejak ribuan tahun lalu.
 
Dalam teori feng shui, jika energi Yin dan Yang berhasil dicapai, maka ruangan tersebut akan dipenuhi energi positif yang baik bagi penghuninya.
 
Kepercayaan turun-temurun dari generasi Tionghoa ini memang diyakini memberi manfaat yang nyata dalam hal penataan ruang dan tempat tinggal.
 
Bagi Anda yang ingin membangun rumah, berikut ini beberapa aturan dalam rumah menurut Feng Shui.

1. Denah terbuka

Jika sebuah rumah memiliki banyak sekat, maka aliran chi bisa terganggu dan hanya berputar di sudut ruangan. Untuk itu, denah terbuka lebih dianjurkan agar rumah terasa lebih luas juga nyaman ditempati.
 
Selain itu, energi Chi pun tentu saja jadi bisa mengalir dengan seimbang dan teratur ke seluruh ruangan.

2. Pilihan warna

Cat warna suram membosankan bisa menjadi simbol duka dan hal ini tentu saja bisa menurunkan minat pembeli untuk membeli rumah.

3. Pintu

Bagian terdepan dari rumah ini perlu diperhatikan. Menurut Feng Shui, pintu rumah yang lebih 'ramah' mampu mendatangkan rezeki bagi penghuninya.

4. Kamar tidur

Meletakkan ranjang di sudut yang tepat merupakan kunci dari Feng Shui. Jangan sampai kepala tempat tidur menghadap langsung ke pintu atau berada di sisi tepat di mana jendela terpasang.
 
Ranjang tidur harus diletakkan sejajar dengan pintu. Kemudian beri sisa area di bagian depannya untuk memajang cermin, agar ada aliran energi yang harmonis ke seluruh ruangan.

5. Ruang Kerja

Meja kerja yang lokasinya membelakangi pintu sering dipercaya bisa menurunkan produktivitas. Untuk itu, meja kerja harus berada menghadap pintu agar pekerja bisa merasa konsentrasi dan terlindungi.

6. Dapur

Dapur sering disebut sebagai area energi negatif karena energi Chi bisa terjebak di peralatan masak dan laci.
 
Untuk itu, jaga dapur dari karat atau korosif dengan menghadirkan kitchen set dengan wastafel yang bersih dan cemerlang. Untuk itu beri warna cerah pada fasad dinding hunian dengan pilihan elemen api atau elemen kayu

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif