Cara hilangkan noda minyak pada pakaian dan karpet. Foto: Shutterstock
Cara hilangkan noda minyak pada pakaian dan karpet. Foto: Shutterstock

Cara Mudah Hilangkan Noda Minyak pada Pakaian dan Karpet

Rizkie Fauzian • 13 Februari 2022 12:37
Jakarta: Noda minyak pada pakaian maupun karpet sulit dibersihkan, bahkan seringkali meniggalkan residu. Cara paling mudah membersihkan noda minyak adalah langsung membersihkannya saat itu juga.
 
Namun, jangan pernah menggosok atau menyeka noda minyak karena akan mendorongnya lebih dalam ke serat kain. Angkat perlahan semua noda padat terlebih dahulu, atau makanan pada pakaian dengan ujung pisau atau sendok. 
 
Selanjutnya, taburkan sedikit tepung maizena, bedak bayi, atau soda kue untuk menyerap minyak sebanyak mungkin. Biasanya diperlukan waktu sekitar lima belas menit agar bedak menyerap minyak sebelum Anda menyikatnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini langkah lain membersihkan noda minyak pada pakaian maupun karpet.

1. Bersihkan minyak pada pakaian

Cara Mudah Hilangkan Noda Minyak pada Pakaian dan Karpet
Semprotan penghilang noda gel atau oleskan deterjen cair langsung ke noda dan usap dengan sikat berbulu lembut seperti sikat gigi bekas atau menggosok kain dengan lembut. 
 
Jika Anda hanya memiliki deterjen bubuk, buat pasta dengan campuran air hangat dan oleskan pada noda. Tunggu selama 15 hingga 30 menit, setelah itu sikat atau kucek dengan lembut.
 
Setelah itu, cuci pakaian seperti biasa dengan air panas dengan deterjen biasa. Namun, ketahui terlebih dahulu jenis kain pada pakaian Anda apakah aman terkena air panas.
 
Pastikan noda benar-benar hilang sebelum memasukkan pakaian atau kain ke dalam pengering, sebab panas dari pengering bisa membuat noda tidak hilang. 
 

2. Bersihkan noda pada karpet

Cara Mudah Hilangkan Noda Minyak pada Pakaian dan Karpet
Cara yang digunakan untuk membersihkan noda minyak pada karpet hampir sama dengan pakaian. Pertama angkat dulu kotoran atau sisa makanan dari karpet menggunakan pisau atau sendok.
 
Jangan digosok karena hanya akan mendorong minyak lebih dalam ke karpet dan membuat noda semakin besar. Taburi noda dengan tepung maizena, soda kue atau bedak untuk menyerap minyak. 
 
Gunakan sikat berbulu halus untuk mengoleskan bedak pada karpet. Biarkan bedak penyerap menempel di noda setidaknya selama lima belas menit, lalu vakum untuk menghilangkan bedak.
 
Bersihkan noda dengan deterjen pencuci piring, dua cangkir air panas, dan cuka. Basahi noda dengan spons atau sikat berbulu lembut lalu bersihkan dengan handuk kertas sampai noda hilang.
 
Pastikan membilas area tersebut dengan kain yang dicelupkan ke dalam air untuk menghilangkan sisa sabun pada karpet. Ulangi langkah pembersihan sampai tidak ada lagi noda yang tersisa.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif