Duh... Rumah Berantakan Bikin Sulit Beli Rumah Baru

Rizkie Fauzian 18 November 2018 11:24 WIB
pameran furnituredesain interior
Duh... Rumah Berantakan Bikin Sulit Beli Rumah Baru
Sekelompok anak bermain sepak bola di halaman rusunawa Mariso Luar, Makassar. Bila tempat tinggal luasannya terbatas, maka menimbun barang bisa memicu maslah dengan tetangga. Antara Foto/Dewi Fajriani
Jakarta: Tahu hubungannya rumah yang berantakan dengan sulit punya rumah baru? Sekilas memang tidak nyambung, padahah kaitannya sangat kentara. Memang tidak langsung, tapi dampaknya terasa pada akhirnya.

Pangkal masalahnya adalah kebiasaan belanja barang yang bukan kebutuhan utama. Kemudian setelah selesai digunakan -bahkan hingga rusak- bukannya dibuang dijual atau dihibahkan, tetapi tetap disimpan.


Sebagaimana dikutip dari rumah.com barang yang banyak menumpuk bisa menjadi masalah kesehatan. Baik kesehatan tubuh, hingga kesehatan rekening tabungan. Bukannya mau berhemat seperti niat awal menyimpang barang, tapi malah boros.

Karena barang disimpan bertumpuk-tumpuk, Anda pasti kesulitan menemukan kembali barang yang dibutuhkan. Akhirnya membeli lagi yang baru dan itu artinya pengeluasan baru. Jika ini terus terjadi maka uang seharusnya ditabung untuk membeli rumah baru pun terpangkas.

Rumah yang berantakan dengan tumpukan barang menyulitkan menemukan dokumen atau tagihan penting yang seharusnya dibayar dalam waktu dekat. Keterlambatan ini akan menimbulkan denda yang justru menambah tagihan. Ujung-ujungnya jadi mengurangi tabungan DP rumah.

Tidak semua barang yang Anda simpan akan digunakan suatu hari. Beberapa barang bahkan tidak cocok jika hanya menjadi sebuah tumpukan. Misalnya, Anda membeli sepatu untuk pasangan namun sayangnya tidak muat dan hanya disimpan di kamar. Padahal bisa dijual lagi atau jadi kado.

Rak buku karya Mande Austriono/MI

Barang yang bertumpuk-tumpuk juga bisa membuat depresi. Sialnya saat depresi kita cenderung membuat keputusan yang tidak bijak dalam hal membelanjakan uang. Rumah yang berantakanjuga ganjalan Anda untuk membuat sebuah bisnis sampingan yang menguntungkan dari rumah.

Di beberapa kasus, rumah yang berantakan membuat Anda tidak betah di rumah. Ketika mengadakan sebuah acara, Anda lebih suka mengajak teman-teman keluar daripada mengadakannya di rumah. Padahal Anda bisa lebih berhemat bila melakukan aktivitas di rumah.

Karena kebiasaan menumpuk barang, saat Anda membeli barang yang memang dibutuhkan justru barang tersebut hanya akan jadi tumpukan barang karena tidak punya tempat penyimpanan. Akhirnya hanya disimpan di kantong belanja dan jadi tidak berguna, uang yang dikeluarkan pun jadi sia-sia.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id