Cara Murah Turunkan Berat Badan di Rumah

Rizkie Fauzian 25 November 2018 10:10 WIB
diet
Cara Murah Turunkan Berat Badan di Rumah
Menata dan membersihkan rumah adalah kegiatan yang sangat menguras kalori. Lakukan secara rutin setelah makan dalam porsi lebih besar dibanding biasanya. ilustrasi/MI/Barry Fatahillah
Jakarta: Di zaman serba praktis saat ini, banyak orang justru lebih malas untuk bergerak. Hunian kini berteknologi yang cukup memencet smartphone Anda sudah bisa membereskan rumah tanpa bergerak sedikit pun.

Beberapa cara dari rumah.com ini bisa dilakukan di rumah untuk menurunkan berat badan di rumah. Semuanya bisa dilakukan tanpa ada biaya tambahan.


Isi kulkas dengan makanan sehat

Melihat ada camilan sedap seperti kue, pizza beku, atau sisa makanan semalam biasanya akan membuat Anda ingin menghabiskannya karena merasa sayang jika nantinya kedaluarsa. Untuk itu jangan menyimpan camilan yang tinggi kalori. Kulkas hanya digunakan untuk menyimpan buah, sayuran, dan ikan yang memang akan diolah.

Gunakan piring kecil

Biasakan untuk makan menggunakan piring yang lebih kecil, bukan piring makan besar. Piring yang besar akan membuat kita mengisinya dengan makanan yang lebih banyak karena merasa masih ada space di piring. Makanlah dengan piring kecil dan sebisa mungkin tidak tambah dan hanya menghabiskan makanan yang ada di atas piring kecil tersebut.

Sikat gigi setelah malam

Jika kita menggunakan trik diet dengan tidak makan malam, maka sikat gigilah sebelum pukul 7 malam. Kondisi mulut yang sudah bersih akan membuat Anda malas untuk ngemil atau makan lagi, sehingga sangat membantu diet Anda.

Makan buah sebelum makan berat

Sebelum mulai makan nasi dan lauknya, usahakan untuk mengonsumsi buah dan sayur dahulu. Serat pada buah akan membuat Anda merasa kenyang sehingga mengurangi porsi nasi yang akan dikonsumsi. Pilihlah buah-buahan yang cukup mengenyangkan, misalnya pisang, avokad, apel, atau buah yang kandungan airnya tinggi seperti melon dan jambu air.

Bereskan rumah usai makan

Tidur setelah makan jelas bikin berat badan Anda cepat melar karena kalori yang masuk tidak digunakan untuk bergerak. Lakukan kegiatan rumah seperti membereskan ruang tamu, mengepel, dan membersihkan jendela usai makan. Mengingat Anda harus melakukan kegiatan ini, biasanya Anda akan berusaha untuk tidak makan terlalu banyak agar tidak kekenyangan sehingga masih mampu bergerak.

Makan tepat waktu

Telat makan cenderung membuat Anda makan lebih banyak karena merasa sangat lapar. Akibatnya setelah makan Anda seakan tak mampu bergerak karena terlalu kenyang. Telat makan juga membuat kita lebih banyak mengonsumsi karbohidrat. Untuk itu usahakan makan tepat waktu, misalnya jam 6 atau 7 pagi adalah waktu sarapan, jam 12 makan siang, dan jam 6 makan malam.




 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id