Cara Mudah Siasati Kamar Tanpa Jendela
Kamar kecil ini berada di lantai atas yang kontur plafonnya menyesuaikan kemiringan atap rumah. Penempatan cermin kecil dengan furniture sederhana membuatnya terasa lega. ilustrasi/MI/Panca Syurkani
Jakarta: Sinar matahari merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Sayangnya, keterbatasan ruangan membuat beberapa rumah tidak bisa memiliki jendela. Beberapa rumah memanfaatkan AC untuk memperbaiki sirkulasi udara.

Tanpa jendela sebenarnya tidak menjadi masalah, selama penataan ruang diatur secara tepat. Harus ada harmonisasi antara furnitur, lantai, dan dinding pada ruangan tanpa jendela. 


Berikut ini resep dari rumah.com tentang cara mudah membuat ruang tanpa jendela juga bisa tampil menarik.

Warna

Dekorasi ruangan dengan warna cerah guna menciptakan kesan luas dan memberi kesegaran. Terapkan pada dinding, atap, atau lantai. Warna cerah tidak terbatas pada warna putih. Warna-warna pastel seperti kuning muda, pale peach, hijau lembut, atau cotton blue dapat dijadikan pilihan.

Anda juga bisa menggunakan lantai tegel kunci untuk menciptakan nuansa cerah. Padukan dengan warna dari furnitur untuk menciptakan kesan kontras dan atraktif. Perlu diingat agar tidak berlebihan dalam menggunakan warna-warna kontras karena akan membuat ruangan terasa sesak.

Cermin

Cermin dapat berfungsi menciptakan ilusi luas sebuah ruang. Tambahkan cermin besar pada sisi dinding shingga tercipta kesan luas. Ini akan membuat siapa pun yang masuk tidak merasa terkurung saat berada di dalam.

Selain itu, cermin dapat difungsikan sebagai pemantul cahaya yang membuat ruang lebih terang.


Ukuran kamar tidur dalam unit apartemen relatif kecil. Untuk memberi impresi luas, di salah satu dindingnya sebaiknya dipasang cermin besar, atau lemari pakaian yang pintunya berupa cermin. ilustrasi/MI/Adam Dwi

Cahaya

Ruangan tanpa ventilasi cenderung minim cahaya, karena itu Anda harus menciptakan cahaya yang baik agar ruang berfungsi optimal. Hindari warna gelap yang akan menelan cahaya. Gunakan desain plafon gantung. Anda dapat menyematkan penerangan menyebar di balik plafon gantung.

Dengan perencanaan terperinci, cahaya dapat diatur sehingga tercipta ruang yang terang dengan cahaya yang merata. Jika memungkinkan, Anda juga dapat membuat skylight pada plafon. Skylight membuat ruang mendapat pencahayaan alami, terutama di siang hari.   

Dekorasi alami

Tanaman selalu berhasil memberikan efek positif pada ruangan, termasuk ruang tanpa jendela. Tanaman menciptakan kesan natural pada ruang yang memiliki keterbatasan. Letakkan satu atau dua pot tanaman sehingga akan mempercantik dan menghidupkan suasana di dalam ruang.

Adanya tanaman juga dapat memecah perhatian dari ketiadaan jendela. Tanaman juga dapat membersihkan udara dan membawa suasana luar ke dalam ruang.

Aksesori menonjol

Selain tanaman, Anda dapat menggunakan aksesori lain untuk mendekorasi ruang tanpa jendela. Ornamen kayu, skulptur cantik, atau lukisan dinding dapat membuat ruangan tampil lebih cantik.

Aksesori juga dapat mencuri perhatian, apalagi jika mendapat pencahayaan yang tepat. Namun jangan menyematkan terlalu berlebihan. Aksesori juga membuat ruangan jadi terlihat berbeda.


 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id