<i>Dear</i> Jomblowan & Jomblowati, Ini Cara Murah Betah di Rumah
Jangan ragu terapkan warna ngejreng untuk membangun mood. Bukan hanya di dinding, tapi juga perabot seperti kursi santai ini. AFP Photo/Francois Guillot
Jakarta:Desain interior minimalis pilihan cocok bagi jomblowan dan jomblowati yang belum terlalu banyak barang perlu disimpan. Selain itu relatif lebih murah dan mudah diubah menyesuaikan kebutuhan yang berkembang.

Sebelum mulai mengubah yang ada saat ini, ada beberapa tips dari rumah.com bisa dijadikan pertimbangan;


Bermain warna

Penerapan warna saling tabrak memang seru. Jangan ragu terapkan warna ngejreng untuk membangun mood. Ingat tetap perhatikan harmonisasinya agar ruangan tidak terkesan norak dan akhirnya malah bikin nggak betah.

Cermin besar

Karena rumah yang Anda miliki tidak terlalu besar, salah satu trik untuk membuat ruangan terkesan luas adalah dengan menggunakan cermin. Pilihlah cermin yang besar dan tempatkan di ruangan yang memang terasa sempit.


Cermin besar cocok juga di pasang di balik daun pintu. MI/Galih Pradipta

Tanaman hijau

Rumah akan terasa sejuk bila terdapat tanaman hijau. Ada hasil penelitian menyebutkan bahwa merawat tanaman bisa menjadi penghalau stres bagi para pekerja.

Spot bersantai

Hidup sendiri bukan berarti hidup sepi. Sesekali teman atau saudara pastilah datang berkunjung, maka sediakan ruangan berkumpul. Jangan ngerumpinya di cafe melulu, bisa jebol rekening tabungan.

Tidak berarti harus ada tempat khusus, bisa kok di meja makan. Pastikan ada stok camilan di rumah.


Meja makan berdesain unik dalam sebuah pameran furniture di Yogyakarta. Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah

Kamar mandi nyaman

Ukuran kamar mandi yang kecil bukan berati tidak nyaman. Selain karena dekorasi dan warnanya, cara paling murah membuat kamar mandi nyaman adalah selalu menjaganya bersih dan rapi.

Segera buang bungkus sabun, botol shampoo dan sebagainya yang sudah kosong. Pastikan saluran pembuangan tidak tertutup rambut yang rontok dan tisu. Beri pengharum ruangan.

Komposisi di dapur

Dapur berukuran kecil bukan persoalan bagi para lajang, kecuali yang hobi memasak. Tapi yang perlu diperhatikan adalah mengoptimalkan kitchen set untuk menyimpan perlengkapan makan dan memasak agar mudah ditemukan.

Untuk perlengkapan yang paling sering digunakan, tempatkan di bagian terluar sehingga tidak perlu membongkar perkakas lain buat menjangkaunya. Bila merasa perlu ada perangkat khusus bagi tamu, maka jangan terlalu banyak variiannya agar tidak memakan terlalu banyak tempat penyimpanan.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id