Duh, Tata Letak Ruang Kerja yang Salah Bisa Turunkan Produktivitas. Foto: Shutterstock
Duh, Tata Letak Ruang Kerja yang Salah Bisa Turunkan Produktivitas. Foto: Shutterstock

Duh, Tata Letak Ruang Kerja yang Salah Bisa Turunkan Produktivitas

Medcom • 28 September 2024 21:35

Jakarta: Ruangan kantor di rumah sangat diperlukan bagi kamu yang bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Tata letak yang ditentukan dapat memengaruhi produktivitas kinerja kamu.

Menciptakan ruang kerja yang nyaman bisa meningkatkan fokus saat bekerja. Namun, tata letak yang salah dapat memengaruhi efisiensi dan menurunkan motivasi kamu.

Dikutip dari Better Homes and Garden, Direktur Desain Havenly, Heather Goerzen membagikan tips mengatasi kesalahan tata letak ruang kerja di rumah. Berikut ini kesalahan tata letak ruang kerja di rumah yang dapat mengurangi produktivitas.
Duh, Tata Letak Ruang Kerja yang Salah Bisa Turunkan Produktivitas
Tata letak ruang kerja. Foto: Freepik

1. Meja menghadap dinding

Goerzen mengatakan menatap dinding kosong menghambat kreativitas seseorang. Lebih baik meja menghadap jendela karena cahaya yang masuk dan pemandangan dapat meningkatkan produktivitas dan suasana hari saat bekerja.

Kamu juga bisa menambahkan karya seni, papan visi misi, atau sesuatu di dinding depan meja supaya menghilangkan kesan bosan saat bekerja.

Baca juga: Desain Interior Kantor Berperan Penting dalam Membentuk Budaya Tempat Kerja

2. Meja kerja berantakan

Meja yang berantakan dapat membuat seseorang sulit fokus mengerjakan tugas apalagi ditambah tumpukan kertas. Kamu bisa mengatur meja kerja dan menggunakan tempat penyimpanan, seperti keranjang atau sistem pengarsipan supaya barang-barang tetap rapi.

“Luangkan waktu untuk merapikan ruang kerja sehingga kamu bisa memulai hari esok dengan penuh semangat,” kata Goerzen.

3. Kekurangan ruang penyimpanan

Tanpa ruang penyimpanan, dokumen kamu bisa hilang dan membuang waktu untuk mencari barang yang hilang. Sebaiknya, kamu bisa mengganti meja minimalis dengan banyak ruang penyimpanan.

Gunakan furnitur fungsional, seperti meja dengan laci bawaan ataupun rak buku agar mudah mengakses barang-barang yang diperlukan.

4. Mengabaikan ergonomi

Pemilihan kursi dan meja kerja dapat memengaruhi kesehatan kamu. Jika memilih kursi dan meja yang tidak nyaman, dapat menyebabkan nyeri punggung, leher merasa tegang, dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, kamu juga sulit konsentrasi karena terus pindah posisi duduk.

Cobalah memilih kursi yang nyaman dengan elemen tinggi kursi atau lengan, penyangga pinggang, dan sudut sandaran kursi supaya kamu bisa fokus bekerja. Georzen menjelaskan posisi lengan kita harus sudut 90 derajat saat mengetik dan monitor komputer harus sejajar dengan mata. Jika kamu tipe suka banyak bergerak agar merasa produktif, meja berdiri bisa menjadi pilihan cocok untuk gaya hidup dan ergonomis.

5. Ruangan kurang pencahayaan

Cahaya yang terlalu terang di atas kepala bisa membuat kamu sulit fokus, sedangkan cahaya redup bisa membuat kamu merasa lesu dan tidak semangat. Goerzen menyarankan membuka tirai jendela saat siang hari supaya cahaya matahari masuk. (Theresia Vania Somawidjaja)


 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(KIE)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan