Tips membersihkan dispenser dengan mudah. Foto: Shutterstock
Tips membersihkan dispenser dengan mudah. Foto: Shutterstock

8 Cara Bersihkan Dispenser dengan Mudah

Properti Tips Properti tips rumah tips membersihkan rumah
Rizkie Fauzian • 28 Juli 2021 10:16
Jakarta: Menjaga kebersihkan dispenser perlu dilakukan secara berkala. Dispenser yang kotor membuat air galon terkontaminasi dan mempengaruhi kualitas air yang Anda minum.
 
Meskipun dispenser di rumah dapat membersihkan secara otomatis, namun perawatan rutin sangat diperlukan untuk mencegah penumpukan bakteri dan endapan mineral dari bagian dalam.
 
Tak hanya bagian dalam, di luar pun perlu dibersihkan secara teratur untuk menghilangkan bakteri yang menempel dari tangan pada keran dispenser.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perawatannya cukup sederhana, hanya membutuhkan waktu beberapa menit, dan bisa dilakukan saat mengganti galon air minum.
 
Jangan lupa untuk membersihkan dispenser setiap tiga hingga enam bulan tergantung pada frekuensi penggunaan. 
 
Area luar lebih sering dibersihkan untuk menghilangkan bakteri dari tangan dan cipratan dari gelas atau cangkir minum. Berikut ini cara mudah membersihkan dispenser, dikutip dari The Spruce.

1. Baca petunjuk

Sebelum Anda mulai membersihkan pendingin, luangkan beberapa menit untuk membaca petunjuk tentang cara membersihkan agar tak ada kesalahan.

2. Cabut colokan listrik dan keluarkan galon

Cabut dispenser dari sumber listrik. Keluarkan galon dari dipenser. Pastikan bahwa air di dalam dispenser telah benar-benar habis.

3. Buat campuran pembersih

Anda dapat menggunakan campuran cuka dan air untuk membersihkan dispenser. Jika cuka terlalu bau, Anda bisa menggunakan campuran air pencuci piring dan air hangat.

4. Bersihkan bagian dalam dispenser

8 Cara Bersihkan Dispenser dengan Mudah
Foto: The Spruce / Almar Creative
 
Basahi spons dengan larutan pembersih dan bersihkan bagian atas dan dalam dispenser secara menyeluruh. Jangan lupa untuk mengeluarkan air dari selang hingga habis.

5. Bersihkan baki penampungan air

8 Cara Bersihkan Dispenser dengan Mudah
Foto: The Spruce / Almar Creative
 
Lepas bagian depan penampungan air. Jika bisa dicopot sebaiknya bersihkan di wastafel dengan sabun pencuci piring untuk membersihkan sisa-sisa korotan yang menumpuk. 
 
Setelah itu, pastikan Anda membilasnya dengan baik dan keringkan dengan kain mikrofiber.

6. Bersihkan bagian dalam

Jangan lupa untuk mengeringkan bagian dalam dispenser. Caranya buang semua air melalui keran dispenser sampai habis dan kering.
 
Kemudian bilas kembali dengan air untuk memastikan tidak ada sisa-sisa air bekas galon sebelumnya. Ulangi setidaknya dua kali hingga benar-benar bersih.

7. Bersihkan ventilasi udara di luar dispenser

8 Cara Bersihkan Dispenser dengan Mudah
Foto: The Spruce / Almar Creative
 
Periksa ventilasi udara di bagian belakang pendingin, biasanya banyak debu yang menumpuk. Gunakan penyedot debu atau lap dengan kain basah agar debu terangkat.

8. Ganti galon air

Setelah semuanya bersih, Anda bisa memasang kembali galon ke dispenser dan jangan lupa untuk menyalakan kembali ke listrik.
 
Anda bisa langsung mencoba kualitas air dengan langsung meminumnya. 
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif