Tips memilih furnitur yang tepat untuk rumah. Foto: Shutterstock
Tips memilih furnitur yang tepat untuk rumah. Foto: Shutterstock

6 Tips Memilih Furnitur yang Tepat

Properti desain interior Tips Properti tips rumah
Rizkie Fauzian • 31 Agustus 2020 19:58
Jakarta: Keberadaan furnitur di rumah sangat penting mengingat masing-masing benda memiliki fungsi yang berbeda. Tak hanya menambah keindahan rumah, memilih furnitur yang tepat membuat suasana rumah terlihat lebih nyaman.
 
Untuk itu, penting bagi Anda mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih furnitur. Dari sekian banyak pilihan, Anda harus bisa memilih yang tepat sesuai kebutuhan.
 
Desainer interior design Jute Interior Design Alison Davis membagikan tips untuk mendapatkan furnitur yang pas, dilansir Curbed.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Memilih furnitur harus sesuai dengan fungsinya. Bukan hanya sekadar keinginan untuk mempercantik ruangan. Jangan sampai membeli furnitur yang mahal, namun fungsinya sangat sedikit.

2. Jangan Terpaku pada Gambar

Jika ingin membeli furnitur, jangan pernah memercayai 100 persen tampilan di brosur atau iklan. Anda harus melihat langsung wujud fisiknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak orang salah membeli furnitur sehingga pada akhirnya menjadi tidak terpakai. "Foto katalog tampak menipu dan tidak menggambarkan ukuran dan skala item secara akurat," kata Davin.

3. Periksa Bahan Baku Furnitur

Davin menyarankan untuk melakukan riset kecil-kecilan perihal bahan pembuatan furnitur untuk menghindari produk yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya. Misalnya, formaldehida atau penghambat api (fire retardants).
 
Kedua zat tersebut secara historis ada dalam konstruksi furnitur. Formaldehyde saat ini ditemukan dalam lem kayu. Sementara, retardants sering terdapat di busa jok.

4. Memperhitungkan Ukuran

Davin sering menerima keluhan klien bahwa mereka takut menggunakan lemari besar karena akan mempersempit ruangan. Menurut Davin, hal itu tidak benar sepenuhnya. Bergantung pada penempatan posisi.
 
"Jika diposisikan dengan benar, furnitur yang besar sering membuat ruangan terasa lebih besar. Sementara, menempatkan banyak potongan kecil di ruangan kecil hanya akan membuat ruangan terasa semakin sempit," ujar Davin.
 
Dia menyarankan agar melakukan penghitungan luas ruangan sebelum memasukkan furnitur berukuran besar.

5. Pemilihan yang Variatif

Agar isi ruangan tampak seimbang, Davin menyarankan untuk membeli berbagai furnitur dengan bentuk dan ukuran berbeda.
 
"Misalnya, jika memiliki lampu bundar dan cermin bundar di atas perapian, mungkin Anda bisa menggunakan meja kopi persegi panjang dan permadani yang memiliki pola grafis hanya untuk menyeimbangkan bentuk," tutur Davin.

6. Furnitur Vintage

Davin mengungkapkan lebih suka mencari furnitur vintage atau memiliki sesuatu yang dibuat khusus untuk sebuah ruangan. Dia menyarankan untuk memilih furnitur vintage yang benar-benar disukai.
 
"Biasanya kami akan mulai dengan barang-barang vintage dan membangun ruangan di sekiar barang tersebut," ujarnya.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif