Menciptakan dapur yang ramah lingkungan. Foto: Shutterstock
Menciptakan dapur yang ramah lingkungan. Foto: Shutterstock

5 Tips Bikin Dapur Ramah Lingkungan

Properti desain interior Tips Properti tips rumah
Rizkie Fauzian • 14 Januari 2021 13:04
Jakarta: Gerakan ramah lingkungan sering digaungkan untuk membantu mengurangi dampak pemanasan global. Tak hanya bangunan, desain rumah saat ini banyak mengadaptasi ramah lingkungan.
 
Salah satu area di rumah yang bisa dibangun dengan konsep ramah lingkungan adalah dapur. Membangun dengan konsep ramah lingkungan atau green design biasanya terlihat dari pemilihan bahan baku.
 
Misalnya untuk furnitur dan perabotnya menggunakan kayu. Selain itu, menggunakan oven yang hemat energi, peralatan, pencuci piring, metode pembuangan sampah, dan lantai organik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengubah dapur menjadi eco friendly. Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat dapur ramah lingkungan, dikutip Lamudi.co.id.

1. Peralatan dapur

Ganti peralatan dapur lama menjadi peralatan yang lebih ramah lingkungan. Misalnya, oven besar konvesional diganti dengan oven listrik yang lebih kecil. Cara ini dapat mengurangi emisi gas dari rumah Anda.
 
Contoh lainnya, gunakan lemari es yang hemat energi. Ini bertujuan agar dapat menjaga keseimbangan antara pengendalian suhu dan konsumsi energi.
 
Selain itu, ini juga berfungsi untuk memastikan hidup ke depan dengan konsumsi energi yang lebih rendah. Dengan mengganti peralatan dapur yang hemat energi, Anda tentu dapat menghemat tagihan listrik bulanan.
 
Jika Anda ingin menggunakan karpet di dapur, gunakan karpet organik yang terbuat dari serat alami, Karpet ini akan menambah kenyamanan di dapur ramah lingkungan Anda.

2. Lemari kayu

Ganti lemari di dapur dengan bahan yang ramah lingkungan seperti kayu. Jika ingin membuat kitchen set yang ramah lingkungan, gunakan jasa perusahaan yang khusus menggunakan kayu reklamasi.

3. Tempat sampah

Ganti tempat sampah non organik dengan tempat sampah ramah lingkungan. Caranya, tanam dua macam sayuran di dapur. Tanaman tersebut akan menyuplai oksigen di dalam rumah. Jika sudah berumur, Anda bisa menggunakannya untuk bahan makanan.

4. Material lantai

Untuk lantai dapur ramah lingkungan, Anda juga harus menggunakan lantai yang ramah lingkungan. Lantai tersebut dapat terbuat dari bahan bambu atau kayu.

5. Lampu hemat energi

Hindari menggunakan banyak lampu di dapur. Buat dapur Anda agar sinar matahari dapat menyinari dapur. Jika tidak memungkinkan, pilihlah lampu yang hemat energi atau lampu LED.
 
Selain menggunakan perabot dan perlengkapan yang hemat energi, Anda juga wajib menerapkan pola hidup hemat energi. Caranya, cabut peralatan listrik yang sedang tidak digunakan. Belajarlah untuk mendaur ulang barang yang Anda pakai.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif