Benda yang tidak boleh ada di kamar tidur karena mengganggu istirahat. Foto: Shutterstock
Benda yang tidak boleh ada di kamar tidur karena mengganggu istirahat. Foto: Shutterstock

Stop, 8 Benda Ini Tidak Boleh Disimpan dalam Kamar

Properti feng shui tips rumah tips kamar tidur
Rizkie Fauzian • 21 April 2021 10:03
Jakarta: Kamar tidur merupakan salah satu area paling nyaman karena menjadi tempat beristirahat setelah beraktivitas seharian di luar rumah. Tak hanya nyaman, kamar tidur seharusnya bisa bebas dari gangguan dan stres.
 
Sebagian orang tak hanya melepas lelah di dalam kamar, tetapi juga melakukan beberapa kegiatan, mulai dari makan hingga melakukan olahraga.
 
Padahal, ada beberapa benda atau peralatan yang tidak boleh berada dalam kamar tidur. Alasannya bisa berpotensi membuat tidur tidak nyenyak. Berikut ini delapan benda yang tidak boleh disimpan dalam kamar tidur, dikutip Bright Side.

1. Sepatu 

Alasan utama orang melepas sepatu sebelum memasuki rumah adalah kebersihan. Sepatu membawa banyak bakteri dan kotoran, dan semua itu bisa tersangkut di karpet Anda. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, banyak orang tidak memiliki rak sepatu di luar rumah, sehingga mereka meninggalkan sepatu tepat setelah pintu masuk, terkadang di kamar tidur. 
 
Hal terbaik untuk dilakukan adalah dengan melepas sepatu Anda di luar pintu dan membawanya ke tempat penyimpanan.Hindari meletakkan sepatu Anda di dekat tempat tidur.
 
Kamar tidur adalah ruangan yang bebas kuman dan tidak berbau. Jika Anda tidak terbiasa melepas sepatu saat berada di luar rumah, setidaknya jangan menyimpannya di kamar tidur.

2. Jam alarm atau telepon 

Salah satu kecemasan saat menyetel alarm adalah alat tersebut tidak bekerja dengan baik. Anda menjadi gelisah sehingga sulit tidur, dan justru terbangun sebelum alarm berbunyi.
 
Sebaiknya pindahkan alarm Anda ke ruangan lain yang jaraknya berdekatan dengan kamar, sehingga masih terdengar bunyinya.
 
Selain itu, jauhkan ponsel dari jangkauan Anda dengan alasan yang sama dengan alarm. Anda tentu tidak ingin terus-menerus memeriksa pesan, sosial media, hingga hal lainnya dari ponsel.

3. Foto keluarga 

Kita semua cenderung menyimpan foto keluarga di sekitar rumah, tetapi menurut Feng Shui menaruhnya di kamar tidur adalah tidak tepat. 
 
Melihat foto keluarga pada larut malam dapat menyebabkan Anda sangat cemas dan stres. Anda mulai memikirkan tanggung jawab dan rasa khawatir jika keluarga Anda mengalami sesuatu.
 
Foto anggota keluarga yang meninggal dapat mengingatkan Anda dengan kenangan yang menyedihkan sehingga membuat Anda terjaga sepanjang malam. 

4. Perlengkapan olahraga 

Peralatan olahraga membutuhkan ruang, dan jika Anda tidak memiliki rumah yang besar untuk menyimpannya bisa jadi rumit. Namun, Anda tidak boleh menyimpannya di kamar tidur. 
 
Hal ini menyebabkan debu menumpuk jika peralatan tidak lagi digunakan, dan juga menyebabkan rasa bersalah jika Anda melewatkan rutinitas olahraga. 
 
Rasa bersalah itu bisa membuat Anda terjaga di malam hari, dan membuat Anda kehilangan waktu tidur yang berharga.

5. Meja kerja

Memisahkan pekerjaan dari waktu istirahat di rumah sangat penting. Ini karena otak Anda dapat dengan mudah terganggu oleh tanggung jawab ketika Anda berbaring. 
 
Solusi mudahnya adalah memindahkan meja Anda ke luar kamar tidur. Namun hal itu tidak mungkin jika Anda tinggal di ruangan kecil.

6. Buku yang belum dibaca

Beberapa orang memiliki kebiasaan membaca buku sebelum tidur dan menimbunnya di dalam kamar. Jika ini terjadi, buku-buku tersebut menghabiskan banyak ruang di kamar tidur.
 
Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengatur rapi buku-buku Anda yang belum dibaca di rak buku. Anda dapat menyimpan satu buku yang sedang Anda baca di samping tempat tidur Anda. 
 
Dengan cara ini, Anda tidak akan merasa stres tentang buku yang belum Anda baca, dan memiliki lebih banyak ruang untuk bergerak.

7. Pemanas ruangan

Membiarkan pemanas menyala sepanjang malam dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi hingga rasa gatal. Orang dengan masalah jantung dan asma harus sangat berhati-hati dengan pemanas karena meningkatkan kadar karbon monoksida di udara.
 
Hal ini terutama berlaku pada pemanas gas, karena dapat menyebabkan asfiksia. Hal yang aman untuk dilakukan adalah mematikan pemanas saat Anda tidur atau meninggalkan kamar.

8. Camilan 

Jika Anda menyimpan camilan di kamar tidur, kemungkinan besar Anda akan makan lebih sering di sana daripada di dapur. Kebiasaan ini sangat tidak sehat karena semua remah-remah yang tertinggal di kamar mengundang banyak kuman dan bakteri.
 
Selain itu, Anda mungkin makan berlebihan saat di tempat tidur karena sambil menonton TV. Makan di tempat tidur juga bisa mengganggu tidur Anda. Otak Anda akan diajarkan bahwa tempat tidur adalah tempat makan dan menonton TV.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif