Pertimbangkan hal ini sebelum membeli furnitur secara online. (Foto: Shutterstock)
Pertimbangkan hal ini sebelum membeli furnitur secara online. (Foto: Shutterstock)

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Furnitur Online

Properti Tips Properti
Rizkie Fauzian • 04 Juli 2019 10:07
Jakarta: Furnitur menjadi salah satu komponen penting dalam interior rumah. Seiring perkembangan zaman, berbelanja furnitur secara online banyak diminati masyarakat.
 
Namun, berbelanja furnitur secara online bukan hal mudah. Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum melakukan transaksi agar tidak kecewa dengan kondisi barang dan menghindari menjadi korban penipuan.
 
1. Pilih Toko Terpercaya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Membeli furnitur secara online bisa sangat praktis. Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke toko untuk membeli furnitur yang diinginkan. Namun, sebelum membeli pastikan bahwa toko online tersebut terpercaya.
 
Setelahnya, pastikan bahwa toko-toko tersebut memang memiliki kualitas yang baik. Biasanya kualitas barang baik diikuti dengan harga yang lebih tinggi.
 
Jika Anda tertarik membeli barang-barang bekas vintage, Anda juga tetap harus memastikan bahwa toko online tersebut memang terpercaya.
 
Saat ini banyak toko-toko online atau penjual online di media sosial seperti Facebook, Instagram hingga lelang furnitur di Whatsup. Jika Anda pemula, sebaiknya belilah furnitur online kepada seseorang yang telah Anda kenal sebelumnya untuk mencegah terjadinya penipuan.
 
2. Pertimbangkan Lokasi
 
Dalam bertransaksi secara online, lokasi adalah hal penting yang perlu Anda pertimbangkan. Alasannya tentu saja berhubungan dengan ongkos kirim yang akan dikenakan kepada Anda, jangan sampai ongkos kirim dan furnitur yang Anda beli nilainya hampir sama.
 
Jika harga yang harus Anda keluarkan untuk ongkos kirim lebih mahal, pertimbangkan membeli furnitur di kota yang sama untuk menghemat biaya ongkos kirim. Anda juga bisa membeli furnitur secara langsung dengan mendatangi toko. Dengan barang yang sama, Anda bisa lebih hemat untuk ongkos kirim.
 
3. Merek
 
Jika Anda sangat peduli dengan merek, Anda bisa masukkan daftarnya sebelum membeli secara online. Saat ini banyak merek-merek terkenal dalam negeri hingga luar yang sudah bisa dibeli dengan cara online.
 
4. Deskriptif
 
Mencari jenis furnitur yang Anda inginkan mungkin susah-susah gampang. Pastikan bahwa Anda menulis deskripsi barang sesuai dengan keinginan Anda, misalnya furnitur vintage, furnitur bergaya art deco hingga skandinavian.
 
Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan atau material furnitur yang diinginkan, misalnya berbahan kayu, kulit, kuningan, dan lain sebagainya.
 
5. Segera Beli
 
Biasanya para wanita akan sibuk mencari dari satu toko ke toko lain untuk melihat harga yang lebih murah. Padahal furnitur tersebut merupakan hot item sehingga barang mudah terjual habis. Sehingga tak jarang Anda bisa kehabisan barang tersebut.
 
Jika Anda menemukan barang yang baik dan sesuai dengan keinginan Anda, sebaiknya segera membelinya. Barang-barang yang bagus banyak menjadi incaran.
 
6. Tawar
 
Jangan takut untuk menawar untuk mendapatkan harga terbaik. Terutama jika Anda membeli barang-barang bekas. Jangat segan menawar dari harga yang tercantum, terutama jika Anda melihat ada goresan atau kerusakan yang harus Anda perbaiki.
 
7. Periksa Kerusakan
 
Jika Anda membeli barang vintage kemudian menemukan sedikit goresan, jangan dulu berkecil hati. Tanyakan pada penjual apakah kerusakan tersebut bisa diperbaiki.
 
Berbeda jika Anda membeli barang baru, jika ada kerusakan segera hubungi penjual. Hal tersebut biasanya sering terjadi terutama jika Anda membeli barang yang jaraknya harus ditempuh seharian dengan kendaraan.
 
Penjual biasanya menyediakan garansi jika terjadi kerusakan selama dalam perjalanan. Beberapa penjual biasanya langsung menanyakan kepada pembeli kerusakannya seperti apa, atau meminta pembeli memfoto kerusakan tersebut.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif