Tips memilih lokasi untuk investasi properti. Shutterstock
Tips memilih lokasi untuk investasi properti. Shutterstock

5 Tips Memilih Lokasi Hunian untuk Investasi

Properti investasi properti apartemen Bisnis Properti rumah tapak
Rizkie Fauzian • 24 September 2021 12:59
Jakarta: Investasi properti menjadi salah satunya yang paling banyak diminati. Investasi di sektor properti juga dianggap lebih aman dan menguntungkan.
 
Namun, investasi properti membutuhkan dana yang tidak sedikit sehingga Anda perlu mempertimbangkan masak-masak beberapa aspek, salah satunya adalah lokasi.
 
Baik investasi rumah maupun apartemen, lokasi merupakan aspek paling penting. Lokasinya yang strategis dan tak jauh dari fasilitas umum serta menawarkan infrastruktur yang memadai, pastinya lebih diminati masyarakat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebab, selain memudahkan akses dalam beraktivitas, properti di lokasi semacam ini akan naik valuasinya dengan jangka waktu relatif lebih singkat.
 
Lantas, lokasi seperti apa yang cocok untuk investasi properti? Berikut ini pilihannya.

1. Infrastruktur 

Hal paling penting saat memilih hunian untuk investasi adalah pastikan bahwa infrastruktur di kawasan tersebut baik dan sedang berkembang.
 
Infrastruktur yang baik, tentu mempermudah aktivitas masyarakat. Hal tersebut tentu saja memberi kenyamanan dan meningkatkan kualitas hidup.

2. Akses transportasi mudah

Akses transportasi mudah adalah lokasi yang tepat untuk investasi properti. Pencari rumah atau apartemen akan melihat kemudahan akses dari huniannya ke kantor atau tempat lain.
 
Tak semua orang memiliki kendaraan pribadi, maka akses transportasi umum seperti kereta, bis, LRT atau MRT adalah penting untuk memudahkan aktivitas.

3. Fasilitas publik

Saat membeli rumah atau apartemen, yang sering dicantumkan pada pamflet atau iklan properti adalah fasilitas publik terdekat dari lokasi hunian.
 
Dengan fasilitas publik yang lengkap, maka nilai jual properti bisa semakin tinggi. Misalnya lokasi dekat pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, bahkan beberapa tempat wisata.

4. Sunrise properti

Memilih kawasan sunrise properti tentu menjadi salah satu keuntungan lainnya dalam investasi properti. 
 
Kawasan ini biasanya berkembang dengan pesat yang diikuti oleh kenaikan harga tanah dan hunian yang tinggi.

5. Penyangga Jakarta

Saat membeli hunian, Anda akan mencari yang terdekat dengan Jakarta. Biasanya dengan alasan pekerjaan.
 
Harga hunian yang semakin mahal di Jakarta membuat beberapa orang memilih lokasi di penyangga Jakarta seperti Bogor, Tangerang, Bekasi dan Depok.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif