Manfaat baking soda untuk mencuci pakaian. Foto: Shutterstock
Manfaat baking soda untuk mencuci pakaian. Foto: Shutterstock

6 Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Pakaian

Properti Tips Properti tips rumah kegunaan baking soda mencuci pakaian tips membersihkan rumah
Rizkie Fauzian • 25 September 2021 14:18
Jakarta: Soda kue atau yang dikenal dengan natrium bikarbonat memiliki manfaat yang berlimapah, tak hanya untuk memasak. Soda kue atau baking soda ini dipercaya bisa membersihkan noda dan pekerjaan lainnya.
 
Khusus untuk mencuci pakaian, Anda bisa memasukkan langsung baking soda ke dalam mesin atau direndam terlebih dahulu. Berikut ini beberapa penggunaan baking soda untuk mencuci pakaian dilansir The Spruce.

1. Untuk mencerahkan 

Tambahkan 1/2 cangkir soda kue ke dalam cucian saat Anda menambahkan deterjen. Baking soda dapat membuat warna putih lebih bersih dan cerah. Selain itu, pakaian juga bebas dari bau.

2. Untuk menghilangkan noda krayon

Jika baju Anda tak sengaja terkena krayon, Anda bisa menambahkan 1/2 cangkir baking soda ke dalam wadah yang berisi air panas. Rendam hingga warna krayon hilang, kemudia cuci baju dan bilas hingga bersih.

3. Pelembut kain

Alih-alih menggunakan pelembut kain, coba tambahkan 1/2 cangkir baking soda saat membilas pakaian. Soda kue bertindak sebagai pelembut alami dan merupakan alternatif yang lebih baik dari pelembut kain komersial.

4. Untuk menghilangkan bau

Menambahkan 1/2 cangkir soda kue saat melakukan pembilasan membantu menghilangkan bau dari pakaian bahkan sepatu. Anda bisa menggunakannya pada pakaian olahraga dan handuk yang bau.
 
Jika pakaian Anda berbau seperti keringat atau asap, sebaiknya rendam dalam larutan soda kue semalaman. Dengan merendamnya, maka soda kue akan bekerja sebagai pewangi.

5. Untuk membersihkan mesin cuci

Buat pasta dari campuran baking soda dan air, kemudian gunakan mencuci bagian dalam mesin cuci Anda. Oleskan pasta ke kain atau spons dan gosok bagian dalam mesin, bilas setelah selesai. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan pasta yang sama, Anda dapat menggunakannya untuk menggosok noda di permukaan luar mesin cuci atau pengering.

6. Meningkatkan kinerja pemutih

Tambahkan 1/2 cangkir baking soda dan pemutih akan membantu mengatur pH dalam air, sehingga pemutih yang Anda gunakan akan bekerja lebih efektif. Meskipun Anda tak menggunakan pemutih, baking soda dan deterjen dapat memutihkan pakaian Anda.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif