Foto udara terowongan kembar proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Sumedang, Jawa Barat. Keberadaan jalan tol memicu bermunculannya perumahan baru di sekitar akses masuk dan keluarnya. Antara Foto/Raisan Al Farisi
Foto udara terowongan kembar proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Sumedang, Jawa Barat. Keberadaan jalan tol memicu bermunculannya perumahan baru di sekitar akses masuk dan keluarnya. Antara Foto/Raisan Al Farisi

Tips Aman Membeli Rumah

Properti bisnis properti
Rizkie Fauzian • 13 Januari 2019 10:11
Jakarta: Membeli rumah melibatkan uang dalam nilai yang besar. Uang yang harus dikumpulkan dengan susah payah demi masa depan keluarga.

Maka sudah seharusnya calon pembeli ekstra hati-hati sebelum memutuskan membeli rumah. Selain demi mencegah jadi korban pengembang nakal, juga agar tidak kecewa dengan lokasi dan kondisi rumah yang telah dibeli.

Demi menghindari praktek penipuan pengembang, sebaiknya simak dulu tips aman dari rumah.com ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Perhatikan reputasi pengembang. Meski sudah berdiri beberapa tahun beroperasi, tetap cek legalitasnya apakah sudah menjadi anggota dari asosiasi resmi seperti REI atau Apersi. Cermati lokasi yang dijanjikan. Tenaga penjualan pasti mengajak calon pembeli survey ke lokasi perumahan. Namun yang lebih penting adalah apakah proses pembebasan lahan sudah selesai atau masih tertunggak.

Pastikan status dan batas waktu penyelesaian sertifikat. Wajib ditanyakan dan terus ditagih bila pengembang tidak dapat memastikan status hukum lahan dan sertifikat rumah yang Anda beli.

Jangan bayar DP sebelum KPR disetujui. Tidak jarang tenaga penjual meminta booking fee terlebih dahulu yang diakumulasikan sebagai uang muka alias down payment. Selama permohonan KPR belum disetujui bank, maka jangan membayar apa-apa terlebih dahulu.

Pilih bank rekanan terpercaya. Sebaiknya kroscek langsung ke bank yang ditunjuk langsung. Tanyakan kebenarannya soal menjadi rekanan pengembang.

Jangan tergiur bonus. Di dalam pameran, banyak paket penjualan dengan aneka bonus mulai dari AC hingga mobil. Ingat bahwa yang Anda beli adalah rumah, maka pastikan benar segala sesuatu soal rumah tersebut.

 


(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi