Basmi serangga di rumah dengan mudah. Foto: Shutterstock
Basmi serangga di rumah dengan mudah. Foto: Shutterstock

5 Cara Membasmi Serangga di Rumah

Properti Tips Properti tips rumah tips membersihkan rumah
Rizkie Fauzian • 16 Mei 2021 14:26
Jakarta: Hama serangga adalah hal yang paling mengganggu di rumah. Mulai dari yang tidak berbahaya seperti semut dan lalat buah hingga nyamuk.
 
Ada banyak cara untuk membasmi serangga tersebut dari rumah, dari penggunaan bahan kimia hingga alami.  Berikut ini, lima jenis hama serangga di rumah dan cara membasminya.

1. Lalat 

Lalat merupakan jenis serangga yang menjijikkan karena biasanya hinggap di tempat-tempat kotor. Maka tak heran jika lalat menjadi sumber penyakit, terutama jika menempel pada makanan.
 
Lalat membawa jenis kuman dan bakteri seperti salmonella, e-coli dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Bahkan lalat bisa memindahkan bakteri dengan cepat dengan cara menghinggapi makanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mengusir lalat, Anda bisa menggunakan kantong plastik yang diisi dengan air dan kemudian gantung di tempat yang sering dihinggapi lalat.
 
Anda juga bisa menggunakan cahaya lilin karena lalat tidak menyukai asap. Cara lain bisa menggunakan perangkap lalat.

2. Ngengat

Meski ngengat tidak berbahaya, namun bisa menggerogoti perabotan rumah secara perlahan. Sehingga Anda sebaiknya segera membasminya.
 
Ada beberapa cara mengusir ngengat dari rumah. Seperti jenis serangga lain yanag tidak menyukai wangi menyengat, ngengat juga menghindarinya.
 
Anda bisa menggunakan jeruk nipis, lavender, hingga batu  barus atau kamper. Caranya simpan atau sebarkan bahan-bahan tersebut di tempat yang rentan dihinggapi ngengat.

3. Lalat buah

Serangga berukuran kecil ini memang tak mengganggu, mereka biasanya hinggap pada buah atau sayuran yang telah matang atau busuk. Basmi lalat buah dengan cuka, garam, merica, dan anggur.

4. Nyamuk

Nyamuk tak hanya mengganggu kenyamanan, tetapi juga membawa penyakit berbahaya bagi penghuni rumah. Tanaman bisa dijadikan sebagai pengusir nyamuk seperti serai, lavender, dan rosemary.

5. Semut

Untuk menghilangkan semut, pastikan bahwa rumah Anda bersih dari sampah-sampah yang disukai semut. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir semut.
 
Cobalah minyak esensial. Semut membenci aroma tertentu, terutama yang kuat seperti peppermint dan kayu manis.
 
Cuka diketahui merupakan pembersih yang murah dan efektif, dan dibenci semut. Bedak tidak hanya membunuh semut, tetapi juga kutu dan kecoak. 
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif