Menara kamar dengan lahan terbatas. (Foto: dok. IKEA)
Menara kamar dengan lahan terbatas. (Foto: dok. IKEA)

Trik Menata Kamar Tidur Mungil

Properti desain interior Tips Properti
Rizkie Fauzian • 22 September 2019 09:11
Jakarta: Memilih kehidupan di ruang kecil tidak berarti kegiatan menjadi terbatas. Banyak inspirasi yang bisa dilakukan untuk mendekorasi hunian mungil agar tampak nyaman.
 
"Kami percaya bahwa rumah merupakan cerminan dari orang-orang yang tinggal di dalamnya. Di mana segala sesuatu tampak dan berfungsi seperti yang diinginkan serta membuat rasa nyaman tanpa harus mengeluarkan biaya banyak," kata Public Relations IKEA Indonesia Ririn Basuki dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 20 September 2019.
 
Menurut Ririn, semua orang membutuhkan tempat tinggal yang mengikuti gaya hidup mereka. Saat ruang yang tersedia terbatas, perabot harus berfungsi lebih maksimal. IKEA memberikan inspirasi menata kamar tidur sempit dengan menggunakan penyimpanan fleksibel, tekstil, dan pencahayaan pintar untuk membuat kesan lebih lapang.

1. Ciptakan Suasana dengan Tekstil

Trik Menata Kamar Tidur Mungil
(dok. IKEA)
Pilihan bahan dan tekstil yang tepat akan membuat ruangan kecil terasa lebih luas. Hindari penggunaan tekstil berpola ramai serta gunakan bentuk dan bahan ringan seperti rotan dan tekstil alami. Selain itu, atur kegiatan, suasana hati, dan pencahayaan sesuai penggunaan ruang.

2. Manfaatkan Ruang Tak Terpakai

Trik Menata Kamar Tidur Mungil
(dok. IKEA)
Rangka tempat tidur dengan ruang penyimpanan di bawahnya dapat digunakan untuk menyimpan bantal, handuk, seprai tambahan, dan pakaian musiman. Manfaatkan kotak penyimpanan dengan penutup untuk melindungi barang-barang dari debu saat tidak digunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu jangan ragu untuk meletakkan tempat tidur di tengah ruangan, karena akan mendapat banyak ruang di sekitarnya, bahkan bisa meletakkan meja di belakang kepala ranjang.

3. Pajang atau Sembunyikan

Trik Menata Kamar Tidur Mungil
(dok. IKEA)
Peran penyimpanan terbuka adalah menjaga barang sehari-hari tetap dekat sekaligus memajang barang favorit. Terkadang, tidak peduli seberapa rapi lemari, kita ingin barang-barang tersebut tidak terlihat. Jika pintu lemari pakaian masih jauh dari anggaran atau tidak ada ruang untuk membukanya, cobalah gantungkan tirai di penyimpanan terbuka.

4. Buat Meja Rias Berfungsi Maksimal

Trik Menata Kamar Tidur Mungil
(dok. IKEA)
Jika tidak memiliki ruang khusus untuk berhias, mengapa tidak menyediakan meja rias yang tepat? Dengan menempatkan meja rias yang dilengkapi dengan laci penyimpanan dan cermin, maka akan mengubah ruang tidur menjadi tempat yang menyenangkan dalam menentukan gaya dan penampilan setiap hari.
 
Selain itu, dengan memanfaatkan laci atau kotak penyimpanan akan meminimalisir kemungkinan kehilangan koleksi aksesori favorit.
 
"Jadikan hidup menjadi lebih baik dengan menyederhanakan kehidupan sehari-hari dan fokus pada memaksimalkan ruang dengan inspirasi baru dari IKEA," pungkas Ririn.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif