Tips hemat energi di rumah. Foto: Shutterstock
Tips hemat energi di rumah. Foto: Shutterstock

5 Tips Hemat Energi di Rumah

Properti desain interior Dekorasi Rumah Tips Properti tips rumah
Rizkie Fauzian • 02 Agustus 2021 16:46
Jakarta: Membangun rumah hemat energi tentu menjadi keinginan setiap orang. Hemat energi juga berarti Anda menghemat pengeluaran rumah tangga.
 
Penggunaan berbagai alat elektronik di rumah merupakan beban atau pengeluaran terbesar. Jika tidak dibatasi, tak hanya membebani keuangan, tetapi berdampak pada lingkungan.
 
Dengan menghemat energi, Anda tak hanya mengurangi pengeluaran setiap bulan trtapi juga membawa dampak positif bagi banyak orang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini lima cara hemat energi di rumah, dilansir dari The Spruce.

1. Gunakan lampu hemat energi

Lampu merupakan salah satu konsumen energi utama. Faktanya, diperkirakan lampu bohlam menggunakan sekitar 10 persen dari total energi yang digunakan di rumah.
 
Hal mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti lampu di rumah menjadi hemat energi dengan LED. Lampu jenis ini menghemat energi 25 persen lebih banyak dibandingkan dengan bola lampu pijar.

2. Kulkas

Kulkas menyumbang rata-rata sekitar 8 persen dari energi yang digunakan di rumah, dan dapat berlipat ganda jika Anda memiliki lebih dari satu. 
 
Tentu saja, lemari es harus selalu menyala, jadi mencabutnya bukanlah pilihan, tetapi masih ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan efisiensinya. 
 
Atur suhu di 2-4 derajat celcius, dan pastikan kulkas ditutup dengan rapat. Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat sehingga kulkas mencapai suhu dinginnya lebih cepat.

3. Buat ventilasi yang baik

Pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) merupakan salah satu elektronik yang memakan listrik dengan daya besar.
 
Terutama di kota-kota besar, penggunaan AC di rumah sudah lumrah terjadi. Untuk mengurangi penggunaan AC, pastikan bahwa ventilasi di rumah Anda baik.

4. Masak cerdas

Dapur menggunakan sejumlah besar energi. Anda akan menemukan segudang cara sederhana untuk memangkas penggunaan energi dan menghemat uang saat memasak. 
 
Batasi penggunaan oven bila tak perlu. Jika harus memanggang pastikan bahwa makanan dalam skala besar atau item dalam jumlah besar. 
 
Jika memungkinkan, gunakan microwave karena menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada oven.

5. Gunakan lebih banyak cahaya alami

Pada siang hari, buka tirai dan jendela rumah Anda. Selain menghemat penggunaan lampu, membuka jendela juga baik untuk sirkulasi di rumah.
 
Mengecat dinding interior dengan warna terang bisa meningkatkan pantulan cahaya. Pada bagian luar, Anda dapat mengecat bagian atap dengan warna putih untuk mendorong lebih banyak cahaya masuk ke dalam rumah. 

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif