Pilih beli rumah jadi atau bangun sendiri? Ilustrasi: Shutterstock
Pilih beli rumah jadi atau bangun sendiri? Ilustrasi: Shutterstock

Beli atau Bangun Rumah Sendiri, Mana yang Lebih Untung?

Properti Tips Properti tips rumah desain rumah Tips beli rumah Tips bangun rumah Bangun rumah dengan jasa kontraktor Bangun rumah dengan jasa tukang
Rizkie Fauzian • 25 Januari 2022 17:56
Jakarta: Memiliki rumah memang sudah menjadi impian banyak orang. Namun, tak semua orang bisa memiliki kesempatan untuk membeli hunian karena harganya yang semakin tinggi setiap tahun.
 
Tak hanya itu, saat memiliki keuangan yang cukup untuk membeli rumah, Anda akan dihadapkan pada pilihan membeli rumah jadi atau membangun rumah sendiri dari tanah yang Anda punya?
 
Sebelum Anda memutuskannya, berikut ini beberapa keuntungan dan kerugian membeli rumah jadi atau membangun rumah sendiri yang bisa Anda jadikan rekomendasi.

Membeli rumah jadi

Membeli rumah jadi dari pengembang artinya Anda tak direpotkan dengan rincian biaya pembangunan. Anda tinggal terima jadi rumah dan bisa langsung menikmatinya bisa hunian yang dibeli memang ready stock.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa Anda dapat dari membeli rumah jadi dari pengembang. Berikut ini penjelasannya.

1. Bebas biaya pembangunan

Membeli rumah sudah jadi merupakan cara agar terbebas dari biaya pembangunan. Sebab biaya ini juga tidak bisa dibilang sedikit, mulai dari tahap perencanaan, pembangunan, dan penyelesaian atau finishing yang keseluruhannya memerlukan biaya.
 
Kemudian, membeli rumah jadi juga memberikan keuntungan berupa hemat waktu yakni bisa langsung ditempati, dan terbebas dari ancaman pembangunan mangkrak apabila dalam proses pembangunan kehabisan dana.
 
Tak cuma itu, membeli rumah jadi juga memberikan kemudahan bagi keluarga baru yang ingin mandiri secara finansial. Dengan menghuni rumah secara mandiri atau lepas dari orang tua, maka disarankan untuk membeli rumah jadi.
 
Sebab dengan itu, akan membantu mempercepat melangkah ke dalam rencana atau tujuan finansial lainnya, seperti memulai bisnis, menambah investasi, hingga persiapan biaya pendidikan anak.

2. Hemat waktu

Dengan membeli rumah jadi juga akan mendapat keuntungan dalam bentuk menghemat waktu. Biasanya pengembang atau developer akan membangun secara serentak dan tepat waktu rumah pesanan pembeli, dengan ini waktu pembangunan rumah dapat terukur dengan baik. 
 
Sebab jika melewati masa waktu pembangunan, maka pengembang bisa mendapatkan sanksi atau penalti karena melanggar kontrak.
 
Kemudian, jika membangun rumah sendiri membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Untuk tahap perencanaan saja bisa membutuhkan waktu kurang lebih tiga bulan, mulai dari perencanaan desain, interior, pemilihan bahan baku, hingga perhitungan anggaran. 
 
Belum lagi pada tahap pembangunan yang sangat bergantung pada jumlah pekerja atau tukang yang digunakan. Anda juga mesti memperhatikan keadaan cuaca, jika musim penghujan berpotensi waktu pembangunan berjalan lebih lama.

3. Perizinan

Dalam pembangunan rumah tentu memerlukan perizinan, mulai dari perizinan mendirikan bangunan, legalitas tanah yang digunakan, hingga perpajakan. Jika memilih membeli rumah jadi maka semua proses perizinan tersebut akan diurus oleh pengembang atau developer, pembeli tinggal mengontrol atau memantau progress pembangunan hingga proses serah terima kunci jika rumah sudah siap huni.
 
Sedangkan, untuk membangun rumah secara pribadi, semua terkait perizinan harus diurus secara mandiri, atau bisa juga menggunakan biro jasa jika ingin tidak ribet, akan tetapi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
 
Sebagai ilustrasi, jika membeli rumah di kawasan pinggiran Jakarta yakni Kota Tangerang Selatan setidaknya harus membutuhkan biaya Rp 750 juta hingga Rp 1,2 miliar dengan luas tanah 70 meteran dan luas bangunan 90 meter atau dua lantai.

Manfaat membangun rumah sendiri

Pilihan membangun rumah sendiri juga bisa memberikan sederet keuntungan, terutama bagi seseorang atau keluarga yang memiliki keinginan membangun rumah impiannya. Selain itu membangun rumah sendiri juga cocok bagi yang sangat fokus terhadap kualitas bahan baku hingga kualitas bangunan diinginkan.

1. Bisa sesuaikan bujet

Dalam membangun rumah secara mandiri, sebetulnya bisa lebih mudah dalam hal penyesuaian bujet. Pembangunan yang dilakukan bisa diukur dengan kemampuan finansial ataupun dana yang sudah tersedia, dengan ini dapat meminimalisir potensi over bujet maupun tertundanya pembangunan akibat kehabisan dana.
 
Pilihan membangun rumah mewah ataupun minimalis tentu menjadi keputusan si pemilik ataupun keluarga. Ketika membangun rumah kamu juga bakal mempertimbangkan kebutuhan dana yang diperlukan dalam pembangunan. 
 
Untuk membangun rumah dua lantai pada tahun ini saja memerlukan biaya yang tidak sedikit, mulai dari biaya bahan baku, biaya tukang, hingga biaya lain-lain.

2. Desain sesuai keinginan

Jika memilih membangun rumah secara mandiri, hal yang diuntungkan adalah membangun rumah bisa sesuai dengan keinginan pribadi. Nah biasanya mulai dari bentuk bangunan, bahan baku bangunan, hingga jumlah ruangan rumah yang diinginkan, tetapi hal tersebut harus disesuaikan dengan bujet dan juga luas bangunan ya.
 
Saat ini sudah banyak orang yang membuat rumah sesuai keinginan dan kebutuhannya. Berapa ruangan yang dibutuhkan, bagaimana tata letaknya, serta hal-hal lain yang bisa diatur sendiri dengan diskusi bersama keluarga.
 
Sebab, jika membeli rumah jadi, segala bentuk bangunan dan tata letak ruangan sudah ditentukan oleh pengembang atau developer, tetapi ada juga pengembang yang menyediakan layanan desain sesuai keinginan pembeli tetapi dikenakan biaya tambahan.
 
Nah, dengan ini sudah terbayang dong apa aja biaya untuk membangun rumah dan beli rumah, jangan lupa kumpulkan biayanya sekarang dengan menabung atau juga dengan investasi. Dengan mengatur dan mengelola keuangan secara bijak maka akan membuat kemudahan dalam mencapai financial goals yang diinginkan.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif