Menyimpan meja kerja di kamar tidur tak baik menurut feng shui. Foto: Shutterstock
Menyimpan meja kerja di kamar tidur tak baik menurut feng shui. Foto: Shutterstock

Menyimpan Meja Kerja di Kamar Tidur Tak Baik? Ini Penjelasan Feng Shui

Properti feng shui tips kamar tidur kamar tidur Bangkitkan energi positif feng shui di rumah Cermin dalam feng shui
Rizkie Fauzian • 29 Januari 2022 12:30
Jakarta: Pandemi covid-19 membuat banyak perusahaan mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Namun, bekerja di rumah terkadang memiliki banyak tantangan.
 
Untuk membuat ruangan nyaman untuk bekerja bukan perkara mudah terutama jika ruangan terbatas. Alhasil, banyak orang menyulap kamar tidur menjadi ruang bekerja. 
 
Dalam feng shui, menyimpan meja kerja di dalam kamar dianggap kurang baik. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisirnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perlu diingat bahwa kamar tidur bukan lokasi idela untuk ruang kerja karena akan sulit untuk fokus. Kamar tidur harus menjadi ruang yang menenangkan, namun dengan adanya meja dapat mengubah energi dari tenang menjadi stres. 
 
Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat feng shui kamar tetap baik meski terdapat meja kerja, dikutip The Spruce.

1. Buat dua zona

Menyimpan Meja Kerja di Kamar Tidur Tak Baik? Ini Penjelasan Feng Shui
Jika Anda terpaksa harus menempatkan meja kerja di dalam kamar, maka yang perlu dilakukan adalah dengan membaginya menjadi dua zona.
 
Cobalah untuk membuat dua zona terpisah di dalam kamar tidur, satu untuk zona kerja dan satu lagi untuk zona relaksasi. 
 
Zona kerja adalah tempat meja Anda berada, dan tempat Anda menyimpan komputer dan berkas kerja apa pun. Zona relaksasi idealnya harus didedikasikan untuk tidur dan istirahat.

2. Posisi meja

Menyimpan Meja Kerja di Kamar Tidur Tak Baik? Ini Penjelasan Feng Shui
Jika memungkinkan, cobalah untuk menempatkan meja pada posisi memerintah sehingga Anda bisa melihat pintu masuk ke kamar tidur saat duduk di kursi meja kerja. 
 
Hal ini agar Anda bisa mengendalikan pekerjaan, produktivitas, dan karir Anda. Namun jika posisi tersebut tidak memungkinkan maka Anda bisa menggunakan cermin untuk memantulkan pintu.
 
Tempatkan cermin di monitor komputer atau di dinding yang menghadap ke arah Anda, dan pastikan bahwa Anda dapat melihat pantulan pintu masuk dari cermin.

3. Seimbangkan yin dan yang

Menyimpan Meja Kerja di Kamar Tidur Tak Baik? Ini Penjelasan Feng Shui
Di feng shui, kita melihat berbagai jenis qi, atau energi. Anda mungkin akrab dengan konsep yin dan yang menggambarkan dua jenis energi yang berlawanan.
 
Yin lebih lembut, lebih gelap, dan lebih pasif, sedangkan yang lebih terang, lebih cepat, dan lebih aktif. Bekerja membutuhkan lebih banyak energi yang, sedangkan untuk meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi membutuhkan lebih banyak energi yin. 
 
Ketika memiliki ruang kerja di kamar tidur, penting untuk menciptakan keseimbangan antara yin dan yang sehingga Anda dapat bersantai dan beristirahat saat tidak bekerja.
 
Untuk menggeser energi menjadi lebih yin, Anda bisa menggunakan pencahayaan dengan atikan lampu menjelang penghujung hari.
 
Anda juga bisa menggunakan pencahayaan sirkadian untuk memberi sinyal ke tubuh bahwa sudah waktunya untuk bersantai. Jangan lupa untuk mematikan komputer Anda ketika selesai bekerja. 

4. Tambahkan elemen bumi

Cara lain untuk mengalihkan energi adalah dengan bekerja dengan lima elemen. Setiap elemen terhubung ke berbagai jenis energi dan kualitas yang mungkin ingin kita tingkatkan atau kembangkan dalam hidup kita. 
 
Bumi adalah salah satu dari lima elemen dan qi bumi sangat memelihara dan mendukung. Membawa lebih banyak energi bumi ke kamar tidur Anda akan membantu menyeimbangkan energi mengganggu pekerjaan.
 
Anda bisa menambahkan warna tanah dengan menggunakan warna kuning pada dekorasi kamar tidur karena warna kuning mewakili elemen tanah. Anda juga dapat meletakkan benda yang berasal dari bumi di meja Anda, seperti kristal, batu, atau tembikar.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif