Tanda harus ganti bantal. Foto: Shutterstock
Tanda harus ganti bantal. Foto: Shutterstock

Bisa Kedaluwarsa, Ini 8 Tanda Bantal Harus Segera Diganti

Medcom • 14 September 2022 10:08
Jakarta: Bantal merupakan salah satu aspek penting agar seseorang mendapat kualitas tidur yang baik. Jika bantal sudah tak nyaman maka sudah saatnya untuk mengganti bantal dengan yang baru.
 
Hampir semua orang membutuhkan bantal saat tidur, hal itu karena bantal dapat menopang kepala dan leher sehingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman. Namun siapa sangka bantal termasuk benda yang memiliki masa kedaluwarsa.
 
Baca juga: 5 Tanda Handuk Perlu Diganti Segera

Ciri bantal sudah kedaluwarsa adalah kenyamanannya akan berkurang, bahkan bisa membuat leher terasa sakit ketika bangun tidur atau membuat bersin-bersin saat memakainya. Maka Anda harus segera menggantinya.
 
Dilansir dari The Spruce, berikut penjelasan kapan saatnya untuk mengganti bantal dan apa saja tanda bantal perlu diganti dengan yang baru.

1. Sudah digunakan beberapa tahun

Bisa Kedaluwarsa, Ini 8 Tanda Bantal Harus Segera Diganti
Carl Walsh, spesialis tidur dan pemilik Bed Guru, mengatakan bahwa umumnya setelah satu hingga dua tahun digunakan maka bantul sudah perlu diganti. Meski rutin dicuci setiap tiga bulan sekali, dan itu akan memperpanjang waktu penggunaan, namun tetap bantal perlu diganti karena telah menyimpan banyak bakteri dan kelembutannya sudah tidak sempurna lagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bantal Anda akan menyimpan tumpukan sel-sel kulit mati, debu, dan minyak dari rambut dan kulit, serta cairan, tumpahan, dan noda apapun. Hal itu menciptakan lingkungan yang sempurna bagi tungau debu untuk berkembang," katanya.

2. Mulai menguning atau memiliki bercak

Kondisi fisik bantal seperti perubahan warna merupakan tanda yang sangat jelas untuk mengganti bantal. Jika bantal sudah tampak kusam, usang dan berbercak yang sulit dibersihkan maka itu waktunya untuk mengganti dengan yang baru.
 
Diana Ludwiczak, inspektur kutu kasur dan hama bersertifikat NYC dan pendiri Doctor Sniffs Bed Bug Dogs, menjelaskan bahwa bercak atau bintik-bintik yang terdapat pada bantal itu bisa berupa jamur atau bahkan kotoran kutu kasur.
 
"Seiring berjalannya waktu, bantal bisa ternoda dan menguning karena terkena keringat dan minyak wajah. Tidur di sarung bantal yang telah kuning dapat mendatangkan serangga ke tempat tidur Anda," ucapnya.

3. Membuat sekitar kepala dan leher sakit saat bangun tidur

Bisa Kedaluwarsa, Ini 8 Tanda Bantal Harus Segera Diganti
Bangun dengan leher atau sekitar kepada terasa nyeri atau pegal itu merupakan tanda bahwa bantal perlu diganti. Seiring waktu penggunaan, ketebalan bantal akan berkurang sehingga bantal tidak lagi bisa menopang kepala dan leher dengan baik.
 
Bantal yang tidak mampu menopang dengan baik dapat menyebabkan masalah sekitar leher, punggung, dan bahu. Hal itu dapat membuat Anda merasa kaku di pagi hari dan menyebabkan sakit kepala dan migrain.

4. Bentuk bantal sudah tidak bagus

Bantal yang baik adalah bantal yang bisa menopang kepala dan leher dengan baik, jika bentuk bantal sudah tidak sempurna lagi maka sebaiknya diganti dengan yang baru. Bantal yang isinya (busa atau kapas) sudah menggumpal atau membuat benjolan-benjolan pun menjadi tanda bantal sudah tidak layak digunakan.
 
Selain itu, Anda juga bisa tes bantal masih layak digunakan atau tidak dengan cara melipatnya. Lipat bantal menjadi dua bagian dan tahan selama sekitar 30 detik. Kemudian ketika Anda melepaskannya, bantal harus kembali ke bentuk normalnya, jika tidak maka inilah saatnya untuk membeli bantal yang baru.

5. Tidak lagi fluffy dan nyaman

Bisa Kedaluwarsa, Ini 8 Tanda Bantal Harus Segera Diganti
Seiring dengan bentuknya, jika bantal Anda tampak kempes dan tipis, maka ini saatnya untuk mengganti dengan yang baru. Mungkin hal ini tidak Anda sadari, namun ketika sulit tidur dan tidak mendapat kualitas tidur yang baik maka bantal merupakan faktor yang bisa Anda pertimbangkan.

6.  Sudah kedaluwarsa

Tahukah Anda bahwa bantal juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Kemasan pada bantal biasanya tertera tanggal yang merupakan indikator yang baik untuk jangka waktu Anda dapat gunakan bantal tersebut. Tanggal tersebut merupakan tanda yang baik untuk Anda menggantinya begitu sudah dekat dengan tanggal kedaluwarsa agar Anda mendapatkan kenyamanan yang maksimal.

7. Berbau

Bisa Kedaluwarsa, Ini 8 Tanda Bantal Harus Segera Diganti
Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan bahwa bantal mengumpulkan banyak kotoran, debu dan minyak sehingga dapat menyebabkan aroma yang tidak menyenangkan. Mencuci bantal bisa menghilangkan bau, tapi tidak pada bakteri yang sudah bersarang di bantal. Maka selain mengurangi kenyamanan saat tidur, aroma yang tidak sedap juga beresiko pada kesehatan, segeralah membuangnya dan mengganti dengan yang baru.

8. Memicu alergi

Debu yang menempel pada bantal dapat memicu tenggorokan gatal, pilek, hidung tersumbat, bersin dan kesulitan bernapas bagi orang-orang yang alergi. Seiring waktu, gejala ini dapat semakin buruk, yang menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Jika Anda merasakan hal-hal tersebut bahkan setelah bantal dibersihkan, maka inilah saatnya untuk menggantinya. (Eka Putri Wahyuni)
 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif