Trik membeli rumah dengan dana terbatas. Foto: Shutterstock
Trik membeli rumah dengan dana terbatas. Foto: Shutterstock

5 Trik Bangun Rumah dengan Dana Terbatas

Properti Tips Properti Perjanjian Jual-Beli Properti Tips beli rumah
Antara • 03 Mei 2021 16:02
Jakarta: Setiap orang tentu memiliki impian memiliki rumah pribadi. Namun keinginan tersebut terbentur dengan penghasilan dan harga rumah yang naik setiap tahunnya.
 
Meski demikian, memiliki rumah bukan cuma jadi impian semata. Hanya saja diperlukan strategi yang tepat untuk mewujudkan rumah yang Anda impikan selama ini.
 
Praktisi keuangan keluarga dan pendamping bisnis UMKM Baratadewa Sakti menjelaskan strategi memiliki rumah meski dengan dana terbatas.

1. Tentukan konsep

Tentukan konsep timeline plan rumah Anda. Pada saat ini rumah minimalis menjadi favorit kebanyakan keluarga milenial. Rumah tipe minimalis adalah rumah dengan konsep pengaturan perabot yang seminimal mungkin dengan desain yang modern.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari situ Anda kemudian dapat membuat rancangan anggarannya, baru kemudian berusaha mengumpulkan modal. Biasanya konsep membangun atau membuat rumah minimalis ini biayanya bervariasi. 
 
Bisa saja lebih kecil atau lebih besar ketimbang rumah yang sudah jadi. Semua biaya akan tergantung pada pilihan material, bahan bangunan, dan aksesori yang digunakan.

2. Siapkan dana

Siapkan dana untuk membeli tanah kavling. Untuk dana terbatas, kesempatan memiliki tanah kavling dapat dilakukan dengan cara membeli secara tidak tunai. Uang muka untuk pembelian sistem cicilan ini biasanya mulai 20 persen dari harga jualnya.
 
Metode ini memang lebih nyaman untuk dapat dicapai pada target waktu minimal pada golongan jangka menengah atau biasanya tiga hingga lima tahun kemudian.

3. Siapkan ongkos jasa tukang

Keberadaan tukang sangat penting karena merekalah penggerak terwujudnya rumah minimalis Anda. Dalam hal ini, Anda perlu memikirkan jumlah tukang yang hendak diperkerjakan untuk membuat rumah minimalis sesuai konsep.

4. Hitung biaya konstruksi bangunan

Faktor pengeluaran biaya membuat rumah selanjutnya juga bergantung pada luas bangunan. Gunakanlah metode hitungan dengan acuan dari Rancangan Anggaran Biaya (RAB) agar bangunan yang akan Anda bangun kelak memang layak dan sesuai budget.

5. Beli bahan bangunan secara bertahap

Setelah mendapatkan informasi mengenai harga tanah, ongkos tukang bangunan dan biaya konstruksi bangunan, maka langkah selanjutnya adalah memilih strategi yang perlu dipilih lebih dahulu agar dana yang terbatas ini tetap mampu diharapkan untuk mewujudkan rumah idaman.
 
Membeli secara bertahap di sini yang dimaksud adalah membeli bahan bangunan tertentu dengan jumlah dan kualitas tertentu, dibayar kontan di awal waktu dengan janji akan diambil setelah sekian bulan atau tahun ke depan.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif