Reputasi adalah Kunci Proyek Properti
Kotak kaca wadah maket rumah mewah memantulkan bayangan seorang tenaga penjulan yang sedang memberi penjalasan kepada seorang calon pembeli dalam sebuah pameran perumahan. ilustrasi/Antara Foto/Bazri Marzuki
Jakarta:Terungkapnya kasus proyek Meikarta menunjukkan betapa pentingnya proses pemilihan pengembang. Meski pengembang tersebut memiliki nama besar, namun mempertimbangkan kembali reputasi pengembang sangat tidak ada salahnya.

Ada banyak kasus pengabaian hak-hak konsumen yang terjadi. Mulai dari fasilitas umum yang tak sesuai janji, kualitas bangunan di bawah standar, pekerjaan pembanguna tak kunjung selesa dan banayak lainnya.


Biasanya calon pembeli  tergiur membeli unit properti karena penawaran menarik yang dijanjikan sales dan brosur proyeknya. Sah saja -bahkan sudah tugasnya- tenaga penjualan properti menjanjikan berbagai kemudahan pembayaran beserta presentasi singkat proyek lewat brosur.

baca juga: Jangan percaya gambar brosur perumahan

Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa pengembang tersebut benar-benar bisa mewujudkan proyeknya? Apakah pengembang ini pernah membangun proyek serupa dan bagaimana komitmennya terhadap konsumen?

Sangat penting melakukan riset mendalam mengenai profil pengembang properti. Mulai dari proyek yang pernah dikerjakan, Anda bisa mendapatkan banyak informasi penting. Misalnya, apakah mereka menyelesaikannya tepat waktu?

Bagaimana review dari para penghuni atau pembeli properti? Pengembang yang baik tidak hanya membangun sebuah properti, namun juga meningkatkan harga jual beserta prospek investasi di masa depan. Lalu bagaimana reputasi pengembang yang bikin hati tenang?

Visi yang jelas

Beberapa proyek perumahan atau apartemen dibuat standar dan umum, misalnya beberapa unit hunian dan fasilitas umum seperti taman, kolam renang, dan jogging track. Malah ada juga pengembang yang memikirkan konsep mendalam, misalnya unit huniannya dikelilingi fasilitas dan gaya hidup lengkap, seperti rekreasi, komersial dan pusat bisnis. Hal seperti ini jelas memberi keuntungan besar bagi penghuninya.

Pengembang yang kredibel dan bertanggung jawab harus punya kalender konstruksi yang jelas. Mereka juga punya modal yang cukup untuk menyelesaikan proyek dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Ketika peluncuran proyek, pengembang biasanya mengumumkan rencana pembangunan, mulai dari anggaran keuangan, jumlah unit yang dipasarkan, dan target waktu serah terima. Anda bisa mengecek hal ini dari pemberitaan pers/media, baik online maupun offline.

Sukses sebelumnya

Sangat penting untuk mengetahui sepak terjang pengembang dari proyek yang pernah dikerjakan dan diselesaikannya. Opini publik menjadi tolok ukur yang ideal untuk mengetahui sebaik apa hasil kerja pengembang.

Atau Anda bisa mengecek proyek sebelumnya dari website perusahaan, kemudian riset setiap proyek lewat berbagai sumber: opini dari penghuni rumah, atau pemberitaan dari media masa. Informasi seperti ini juga bisa Anda simak di Review Properti dari Rumah.com.



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id