Manfaat cuka untuk membersihkan rumah. Foto: Shutterstock
Manfaat cuka untuk membersihkan rumah. Foto: Shutterstock

6 Manfaat Cuka, Bersihkan Lantai hingga Handuk

Properti Tips Properti tips rumah cuka tips membersihkan rumah
Rizkie Fauzian • 06 Mei 2021 11:28
Jakarta: Cuka merupakan bumbu dapur yang sering digunakan sebagai bahan alami membersihkan rumah. Cuka bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi, dapur, bahkan sebagai disinfektan.
 
Namun, perlu diketahui bahwa cuka mengandung asam yang tinggi sehingga tak dianjurkan untuk digunakan pada lantai granit dan marmer karena bisa menghilangkan kilaunya.
 
Untuk membuat pembersih dari cuka, Anda juga perlu mencampur dengan beberapa bahan lain agar lebih efektif dan tidak bau asam. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahan cuka pembersih yakni, satu cangkir cuka, setengah cangkir air, dan 15 tetes minyak esensial (bisa lemon, lavender, atau peppermint).
 
Setelah itu, campurkan semua bahan dan masukkan ke dalam botol spray yang bersih. Jika akan digunakan jangan lupa untuk kocok dahulu.
 
Berikut ini beberapa benda yang bisa dibersihkan menggunakan campuran cuka, dikutip dari Hunker.

1. Meja dapur

Untuk membersihkan meja dapur cukup semprot dengan larutan cuka pembersih, kemudian lap dengan kain mikrofiber atau spons.

2. Lantai

Semprotkan campuran cuka pembersih ke kain pel yang telah dibasahi, kemudian pel lantai seperti biasa.

3. Saluran pembuangan

Alirkan air panas ke saluran pembuangan setidaknya selama satu menit, lalu tambahkan satu cangkir soda kue dan satu cangkir cuka pembersih. 
 
Saluran akan berbusa. Setelah berhenti berbusa, bilas dengan air panas hingga bersih.

4. Handuk 

Untuk membersihkan handuk yang berbau kamur, tambahkan satu cangkir cuka pembersih ke mesin cuci Anda, lalu masukkan handuk dan cuci.

5. Shower kamar mandi

Cuka juga bisa digunakan untuk shower yang tersumbat. Caranya masukkan cuka pembersih ke dalam kantong plastik yang berisi air, kemudian tutup pancuran dengan plastik dan ikat.
 
Biarkan larutan cuka meresap ke dalam shower dalam semalam. Keesokan harinya, Anda buka plastik dan nyalakan shower untuk membilas.

6. Pembersih kloset

Untuk membersihkan kloset, caranya cukup dengan menyemprotkan cuka pembersih ke bagian noda membandel lalu gosok dengan sikat toilet hingga noda menghilang. Kemudian bilas menggunakan air.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif